Pivot Table
merupakan salah satu fasilitas di dalam Excel, yang berupa table interaktif
yang berguna dalam menganalisa, mengkombinasikan dan membandingkan sejumlah
data.
Misal ada
toko pejuang mendapatkan report seperti ini.
alfizar2.blogspot.com
Lalu dari data
ini ingin dilihat sebenarnya setiap bulan berapa sih omzet dan profit dari toko
ini dalam 3 bulan terakhir (juni-agustus), yang akan dilakukan adalah highlight
semua cell, lalu klik tab “insert” dan klik “pivot table”.
alfizar2.blogspot.com
nanti akan
keluar box seperti di bawah ini, pilih new worksheet agar hasil pivot berada
pada sheet baru, lalu tekan OK.
alfizar2.blogspot.com
Setelah itu
akan muncul tampilan seperti gambar di bawah ini, kamu bisa olah data sesuai
dengan report yang kamu inginkan,
alfizar2.blogspot.com
Misal kamu
ingin melihat report, berapa omzet dan profit setiap bulannya dari penjalan
toko anda, kamu bisa centang data yang ingin dimbil, yang pertama pastinya
Bulan transaksi, lalu centang Omzet dan juga Profit, maka hasilnya akan seperti
gambar di bawah ini.
alfizar2.blogspot.com
Atau kamu
ingin melihat selama tiga bulan terakhir berapa jumlah produk yang terjual
berdasarkan nama produknya, kamu bisa centang “nama produk” dan “penjualan”
maka hasilnya akan kelihatan misal dari dat adi bawah ini bisa dilihat bahwa
bambu runcing terjual 7 pcs, Bendera 10 pcs, sepeda ontel 7 pcs dan tas perang
8 pcs dalam 3 bulan terakhir.
alfizar2.blogspot.com
alfizar2.blogspot.com
Selain
report di atas kamu bisa melihat report apapun yang bisa kamu olah dengan menggunakan
Pivot Table ini, intinya dari Bulk data yang kamu punya kamu bias membuatnya
menjadi ringkas sesuai dengan data yang ingin kamulihat.
Ingat: , . ; dan : |
Sumber
Thanks for reading Rumus PIVOT Table Pada Excel. Please share...!