a.
Pengertian
Matematika
Pengertian
Matematika - kata matamatika sudah tidak asing lagi bagi kita, matematika
merupakan ratu dari ilmu pengetahuan dimana materi matematiks di perlukan di
semua jurusan yang di pelajari oleh semua orang, disiplin ilmu lain tidak akan
berkembang.
Berhitung merupakan aktifitas sehari-hari tiada aktifitas tanpa menggunakan
matematika, akan tetapi banyak yang tidak tahu apa pengertian
matematika, apa istilah matematika dari berbagai negara, ruang
lingkupnya dan masih banyak lagi.
Istilah mathematics (Inggris), mathematik (Jerman), mathematique
(Perancis), matematico (Itali), matematiceski (Rusia), atau mathematick
(Belanda) berasal dari perkataan latin mathematica, yang mulanya diambil dari
perkataan Yunani, mathematike, yang berarti “relating to learning”. Kata
mathematike berhubungan erat dengan sebuah kata lain yang serupa, yaitu
mathanein yang mengandung arti belajar (berpikir). Jadi matematika berarti
“ilmu pengetahuan yang diperoleh dengan bernalar”.
James dan James (1976) dalam kamus matematikanya mengatakan bahwa matematika adalah ilmu tentang logika mengenai bentuk, susunan, besaran, dan konsep-konsep yang berhubungan satu dengan yang lainnya dengan jumlah yang banyak yang terbagi ke dalam tiga bidang, yaitu aljabar, analisis dan geometri.
Johnson dan Rising (1972) dalam bukunya mengatakan bahwa matematika adalah pola pikir, pola mengorganisasikan, pembuktian yang logik, matematika itu adalah bahasa yang menggunakan istilah yang didefinisikan dengan cermat, jelas, dan akurat, representasinya dengan simbol dan padat, lebih berupa bahasa simbol mengenai ide dari pada mengenai bunyi. Sementara Reys, dkk. (1984) mengatakan bahwa matematika adalah telaah tentang pola dan hubungan, suatu jalan atau pola pikir, suatu seni, suatu bahasa, dan suatu alat.
Berdasarkan pendapat di atas, maka disimpulkan bahwa ciri yang sangat penting dalam matematika adalah disiplin berpikir yang didasarkan pada berpikir logis, konsisten, inovatif dan kreatif.
b.
Fungsi dan Tujuan
Matematika
Matematika berfungsi mengembangkan kemampuan menghitung, mengukur,
menurunkan dan menggunakan rumus matematika yang diperlukan dalam kehidupan
sehari-hari melalui pengukuran dan geometri, aljabar, peluang dan statistik,
kalkulus dan trigonometri. Matematika juga berfungsi mengembangkan kemampuan
mengkomunikasikan gagasan melalui model matematika yang dapat berupa kalimat
matematika dan persamaan matematika, diagram, grafik atau tabel.
Tujuan umum pendidikan matematika ditekankan kepada siswa untuk memiliki:
1. Kemampuan yang berkaitan dengan matematika yang dapat digunakan dalam
memecahkan masalah matematika, pelajaran lain ataupun masalah yang berkaitan
dengan kehidupan nyata.
2. Kemampuan menggunakan matematika sebagai alat komunikasi.
3. Kemampuan menggunakan matematika sebagai cara bernalar yang dapat
dialihgunakan pada setiap keadaan, seperti berpikir kritis, berpikir logis,
berpikir sistematis, bersifat objektif, bersifat jujur, bersifat disiplin dalam
memandang dan menyelesaikan suatu masalah.
c.
Ruang lingkup.
Standar kompetensi matematika merupakan seperangkat kompetensi matematika
yang dibukukan dan harus ditunjukkan oleh siswa pada hasil belajarnya dalam
mata pelajaran matematika. Standar ini dirinci dalam komponen kompetensi dasar
beserta hasil belajarnya, indikator dan materi pokok untuk setiap aspeknya.
Pengorganisasian dan pengelompokan materi pada materi didasarkan menurut
disiplin ilmunya atau didasarkan menurut kemahiran atau kecakapan yang hendak
dicapai. Aspek atau ruang lingkup materi pada standar kompetensi matematika
adalah bilangan, pengukuran dan geometri, aljabar, trigonometri, peluang
dan statistik, dan kalkulus.
d.
Standar Kompetensi Mata
Pelajaran Matematika.
Untuk mata pelajaran matematika di SMA, telah dirumuskan sembilan standar kompetensi (Direktorat Pendidikan Menengah Umum, Ditjen. Dikdasmen, Depdiknas; 2003:2) sebagai berikut:
1. Menggunakan operasi dan sifat serta sifat manipulasi aljabar dalam
pemecahan masalah yang berkaitan dengan bentuk pangkat, akar, dan logaritma;
persamaan kuadrat dan fungsu kuadrat; sistem persamaan linear-kuadrat;
pertidaksamaan satu variabel; logika matematika.
2. Menggunakan perbandingan fungsi, persamaan, dan identitas persamaan
trigonometri dalam pemecahan masalah.
3. Menggunakan sifat dan aturan geometri dalam menentukan kedudukan titik,
garis dan bidang; jarak; sudut; dan volum.
4. Menggunakan aturan statistika dalam menyajikan dan meringkas data dengan
berbagai cara serta memberi tafsiran; menyusun dan menggunakan kaidah
pencacahan dalam menentukan banyak kemungkinan; dan menggunakan aturan peluang
dalam menentukan dan menafsirkan peluang kejadian majemuk.
5. Menggunakan manipulasi aljabar untuk merancang rumus trigonometri dan
menyusun bukti.
6. Menyusun dan menggunakan persamaan lingkaran beserta garis singgungnya;
menggunakan algoritma pembagian, teorema sisa, dan teorema faktor dalam
pemecahan masalah; menggunakan operasi dan manipulasi aljabar dalam pemecahan
masalah yang berkaitan dengan fungsi komposisi dan fungsi invers.
7. Menggunakan konsep limit fungsi dan turunan dalam pemecahan masalah.
8. Menggunakan konsep integral dalam pemecahan masalah.
9. Merancang dan menggunakan model matematika program linear serta menggunakan
sifat dan aturan yang berkaitan dengan barisan, deret, matriks, vektor, transformasi,
fungsi eksponen dan logaritma dalam pemecahan masalah.
e.
Pengorganisasian
materi.
Kurikulum berbasis kompetensi ini merupakan standar kompetensi mata
pelajaran matematika yang harus diketahui, dilakukan dan dimahirkan
oleh setiap siswa pada setiap tingkatan. Kerangka ini disajikan dalam empat
komponen utama, yaitu:
1. Standar kompetensi, yaitu tujuan yang hendak dicapai oleh peserta didik
setelah melakukan proses belajar mengajar untuk suatu materi pokok sesuai
dengan tingkat pendidikan yang telah ditentukan secara nasional,
2. Kompetensi dasar, yaitu kompetensi minimal yang harus dipahami oleh peserta
didik setelah mengikuti proses belajar mengajar,
3. Indikator, yaitu alat untuk mengukur panguasaan peserta didik terhadap
suatu kompetensi dasar, dan
4. Materi pokok, yaitu materi pelajaran yang disajikan kepada peserta didik
berupa penjabaran sub pokok bahasan dari awal semester sampai akhir semester
secara terstruktur.
Sumber
Labels:
Serba-serbi
Thanks for reading Matematika (Defenisi, Fungsi dan Ruang Lingkup). Please share...!