Dasar Dasar Word 2016
A. Pengantar
Microsoft Word 2016 adalah aplikasi pengolah kata yang memungkinkan Anda untuk membuat berbagai dokumen, termasuk surat, resume, dan banyak lagi. Dalam pelajaran ini, Anda akan belajar bagaimana untuk menavigasi antarmuka Word dan terbiasa dengan beberapa fitur yang paling penting, seperti Ribbon, Quick Access Toolbar, dan tampilan Backstage.
B. Mengenal Word 2016
Word 2016 mirip dengan Word 2013 dan Word 2010. Jika sebelumnya Anda telah menggunakan versi di bawahnya, maka Word 2016 tentunya sudah terbiasa. Tetapi jika Anda baru menggunakan Word atau lebih banyak pengalaman dengan versi yang lama, Anda harus terlebih dahulu meluangkan waktu untuk agar akrab dengan antarmuka Word 2016.
C. Antarmuka Word
Ketika Anda membuka Word untuk pertama kalinya, Start Screen akan muncul. Dari sini, Anda dapat membuat buku kerja/ workbook baru, memilih template, dan mengakses buku kerja yang baru saja diedit. Dari Layar Start, cari dan pilih dokumen Blank untuk mengakses antarmuka Word.
· Quick Access Toolbar: Quick Access Toolbar memungkinkan Anda mengakses perintah-perintah umum, tidak peduli tab mana yang sedang dipilih. Secara default, di dalamnya termasuk Save, Undo, dan perintah Repeat.
· Ribbon: Ribbon berisi semua perintah yang Anda perlukan dalam melakukan tugas umum di Word. Ribbon memiliki banyak tab, masing-masing tab dengan beberapa kelompok perintah.
· Perintah Grup: Setiap kelompok/group berisi serangkaian perintah yang berbeda. Cukup klik perintah apapun untuk menerapkannya. Beberapa kelompok juga memiliki panah di sudut kanan bawah, yang dapat Anda klik untuk melihat perintah yang lebih lanjut.
· Panel Dokumen: Ini adalah tempat di mana Anda akan mengetik dan mengedit teks dalam dokumen.
· Ruller: Ruller terletak di bagian atas dan di sebelah kiri dokumen Anda. Akan mempermudah untuk menyelaraskan dan menyesuaikan jarak.
· Tell Me: Bar Tell Me memungkinkan Anda untuk mencari sebuah perintah, sangat membantu jika Anda tidak ingat di mana menemukan sebuah perintah tertentu.
· Microsoft Account: Dari sini, Anda dapat mengakses informasi akun Microsoft Anda, melihat profil, dan beralih akun.
· Scroll Bar: Klik dan tarik scroll bar vertikal untuk bergerak ke atas dan ke bawah melalui halaman dokumen Anda.
· Page dan Word Count: Dari sini, Anda dapat dengan cepat melihat jumlah kata dan halaman dalam dokumen Anda.
· Document Views: Ada tiga cara untuk melihat dokumen. Read Mode menampilkan dokumen Anda dalam modus layar penuh. Print Layout, dipilih secara default dan akan menampilkan dokumen sama seperti halaman yang dicetak. Web Layout menunjukkan bagaimana dokumen Anda akan terlihat sebagai halaman web.
· Zoom Control: Klik dan tarik slider untuk menggunakan zoom control Angka yang terletak pada kanan slider menunjukan persentase pembesaran.
“Sumber Informasi”
Thanks for reading Dasar Dasar Word 2016. Please share...!