Facebook, Inc. adalah sebuah layanan jejaring sosial berkantor pusat
di Menlo Park, California, Amerika Serikat yang diluncurkan pada
bulan Februari 2004. Hingga September 2012, Facebook memiliki lebih dari satu
miliar pengguna aktif, lebih dari separuhnya menggunakan telepon
genggam. Pengguna harus mendaftar sebelum dapat menggunakan situs ini.
Setelah itu, pengguna dapat membuat profil pribadi, menambahkan pengguna
lain sebagai teman, dan bertukar pesan, termasuk pemberitahuan otomatis
ketika mereka memperbarui profilnya. Selain itu, pengguna dapat bergabung
dengan grup pengguna dengan ketertarikan yang sama, diurutkan berdasarkan
tempat kerja, sekolah atau perguruan tinggi, atau ciri khas lainnya, dan
mengelompokkan teman-teman mereka ke dalam daftar seperti "Rekan
Kerja" atau "Teman Dekat".
Facebook didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman sekamarnya dan
sesama mahasiswa Universitas Harvard, Eduardo Saverin, Andrew
McCollum, Dustin Moskovitz, dan Chris Hughes. Keanggotaan situs
web ini awalnya terbatas untuk mahasiswa Harvard saja, kemudian diperluas ke
perguruan lain di Boston, Ivy League, dan Universitas Stanford. Situs
ini secara perlahan membuka diri kepada mahasiswa di universitas lain sebelum
dibuka untuk siswa sekolah menengah atas, dan akhirnya untuk setiap orang yang
berusia minimal 13 tahun. Meski begitu, menurut survei Consumer Reports bulan
Mei 2011, ada 7,5 juta anak di bawah usia 13 tahun yang memiliki akun Facebook
dan 5 juta lainnya di bawah 10 tahun, sehingga melanggar persyaratan layanan
situs ini.
Studi Compete.com bulan Januari 2009 menempatkan
Facebook sebagai layanan jejaring sosial yang paling banyak digunakan menurut
jumlah pengguna aktif bulanan di seluruh dunia. Entertainment Weekly menempatkannya
di daftar "terbaik" akhir dasawarsa dengan komentar,
"Bagaimana caranya kita menguntit mantan kekasih kita, mengingat ulang
tahun rekan kerja kita, mengganggu teman kita, dan
bermain Scrabulous sebelum Facebook
diciptakan?" Quantcast memperkirakan Facebook memiliki 138,9
juta pengunjung bulanan di AS pada Mei 2011. Menurut Social Media
Today pada April 2010, sekitar 41,6% penduduk Amerika Serikat memiliki
akun Facebook. Meski begitu, pertumbuhan pasar Facebook mulai turun di
sejumlah wilayah dengan hilangnya 7 juta pengguna aktif di Amerika Serikat dan
Kanada pada Mei 2011.
Nama layanan ini berasal dari nama buku yang diberikan kepada
mahasiswa pada tahun akademik pertama oleh beberapa pihak administrasi
universitas di Amerika Serikat dengan tujuan membantu mahasiswa
mengenal satu sama lain. Facebook memungkinkan setiap orang berusia minimal 13
tahun menjadi pengguna terdaftar di situs ini. Sejarah
Artikel utama: Sejarah Facebook dan Garis waktu Facebook.
Mark Zuckerberg
Profil The Facebook tahun 2005
Mark Zuckerberg menciptakan Facemash, pendahulu Facebook, pada tanggal
28 Oktober 2003 ketika berada di Harvard sebagai mahasiswa tahun
kedua. Menurut The Harvard Crimson, situs ini mirip dengan Hot
or Not, dan menggunakan "foto yang diperoleh dari Facebook (buku wajah)
daring di sembilan asrama, menempatkan dua foto berdampingan pada satu waktu
dan meminta pengguna memilih yang mana yang paling seksi".
Untuk menyelesaikannya, Zuckerberg meretas ke bagian jaringan
komputer Harvard yang dilindungi dan menyalin
gambar-gambar ID pribadi asrama. Harvard pada waktu itu tidak
memiliki "buku wajah" (direktori berisi foto dan informasi dasar)
mahasiswa. Facemash menarik 450 pengunjung dan 22.000 tampilan foto pada empat
jam pertama mengudara.
Situs ini langsung diteruskan ke beberapa server grup
kampus,tetapi dimatikan beberapa hari kemudian oleh administrasi Harvard.
Zuckerberg dihukum karena menembus keamanan kampus, melanggar hak cipta,
dan melanggar privasi individu, dan terancam dikeluarkan. Namun, hukuman tersebut
dibatalkan. Zuckerberg memperluas proyek awalnya ini pada semester
tersebut dengan membuat peralatan studi sosial untuk menghadapi ujian
final sejarah seni, dengan mengunggah 500 lukisan Augusta ke
situs webnya, dengan satu gambar per halaman disertai kotak komentar. Ia
membuka situs tersebut kepada teman sekelasnya, dan mereka mulai saling berbagi
catatan.
Pada semester berikutnya, Zuckerberg mulai menulis kode untuk situs web
baru pada Januari 2004. Ia terinspirasi, katanya, oleh editorial The
Harvard Crimson tentang insiden Facemash. Pada 4 Februari 2004,
Zuckerberg meluncurkan "The Facebook" yang awalnya berada di situs
web TheFacebook.com.
Enam hari setelah situs ini diluncurkan, tiga senior Harvard, Cameron Winklevoss, Tyler Winklevoss, dan Divya Narendra, menuduh Zuckerberg sengaja mengalihkan mereka agar mereka percaya ia membantu mereka membuat jejaring sosial bernama HarvardConnection.com, sementara ia menggunakan ide mereka untuk membuat sebuah produk saingan. Ketiganya mengeluh kepada Harvard Crimson, dan surat kabar ini memulai sebuah investigasi. Tiga senior tersebut mengajukan tuntutan hukum terhadap Zuckerberg yang akhirnya diselesaikan.
Keanggotaan awalnya dibatasi kepada mahasiswa Harvard
College saja, dan pada bulan pertama, lebih dari setengah mahasiswa
sarjana di Harvard terdaftar di situs ini. Eduardo
Saverin (pebisnis), Dustin Moskovitz (programer), Andrew
McCollum (seniman grafis), dan Chris Hughes segera bergabung
dengan Zuckerberg untuk membantu mempromosikan situs web ini. Bulan Maret 2004,
Facebook memperluas diri ke Stanford, Columbia,
dan Yale. Situs ini kemudian dibuka ke sekolah Ivy
League lain, Universitas Boston, Universitas New York, MIT,
dan secara perlahan beberapa universitas di Kanada dan Amerika Serikat.
Facebook diinkorporasikan pada musim panas 2004, dan
pengusaha Sean Parker, yang sering memberi saran kepada Zuckerberg,
diangkat sebagai presiden perusahaan. Bulan Juni 2004, Facebook
memindahkan pusat operasinya ke Palo Alto, California. Perusahaan ini
menerima investasi pertamanya pada bulan itu dari pendiri
pendamping PayPal, Peter Thiel. Perusahaan ini menghapus The dari
namanya setelah membeli nama ranah facebook.com pada tahun 2005
dengan nilai $200.000.
Facebook meluncurkan versi sekolah menengah atas pada September 2005 yang
dianggap Zuckerberg sebagai tahap logis selanjutnya. Pada waktu itu, jaringan
sekolah menengah membutuhkan undangan untuk bergabung. Facebook kemudian
memperluas persyaratan keanggotaannya kepada karyawan dari sejumlah perusahaan,
termasuk Apple Inc. dan Microsoft. Facebook kemudian dibuka tanggal 26
September 2006 kepada setiap orang yang berusia 13 tahun dan ke atas
dengan alamat surel yang sah.
Pada 24 Oktober 2007, Microsoft mengumumkan bahwa mereka telah membeli 1,6% saham Facebook senilai $240 juta, sehingga memberikan Facebook nilai sebesar $15 miliar. Pembelian oleh Microsoft ini meliputi hak mereka untuk menempatkan iklan internasional di Facebook. Bulan Oktober 2008, Facebook mengumumkan bahwa mereka akan membuka kantor pusat internasional di Dublin, Irlandia. Bulan September 2009, Facebook mengatakan bahwa mereka mengalami arus kas positif untuk pertama kalinya. Bulan November 2010, menurut SecondMarket Inc., sebuah bursa saham perusahaan swasta, nilai Facebook mencapai $41 miliar (mengalahkan eBay secara tipis) dan menjadi perusahaan web terbesar ketiga di AS setelah Google dan Amazon. Facebook telah diincar sebagai kandidat berpotensi untuk penawaran umum perdana pada 2013. Lalu lintas ke Facebook meningkat stabil setelah 2009. Jumlah pengunjung Facebook mengalahkan Google pada 13 Maret 2010.
Pada bulan Maret 2011, dilaporkan bahwa Facebook menghapus sekitar 20.000
profil dari situs ini setiap hari atas berbagai macam alasan, termasuk spam,
konten tidak pantas dan pengguna di bawah umur, sebagai bagian dari upayanya
mendorong keamanan siber.
Pada awal 2011, Facebook mengumumkan rencananya untuk pindah ke kantor
barunya, bekas kampus Sun Microsystems di Menlo Park,
California.
Statistik DoubleClick memperlihatkan bahwa Facebook meraih satu
triliun tampilan halaman pada bulan Juni 2011 dan menjadikannya situs web yang
paling banyak dikunjungi di dunia. Namun perlu diketahui bahwa Google dan
sejumlah situs web tertentu tidak dihitung dalam peringkat DoubleClick. Menurut
studi Nielsen Media Research yang dirilis bulan Desember 2011, Facebook adalah
situs web yang paling banyak diakses kedua di Amerika Serikat.
Pada bulan Maret 2012, Facebook meluncurkan App Center, sebuah toko
bergerak daring yang menjual aplikasi yang terhubung dengan Facebook. Toko ini
tersedia untuk pengguna web bergerak iPhone, Android. Pada bulan April,
Facebook membeli aplikasi Instagram dengan nilai US$1 ($109 tahun 2019) miliar.
Pada awal Mei 2012, Facebook mengakuisisi perusahaan muda Glancee yang
beroperasi di bidang penjelajahan sosial.
Facebook, Inc. mengadakan penawaran umum perdana pada tanggal 17 Mei 2012
dengan harga saham awal $38 per lembar, sehingga nilai perusahaan mencapai $104
miliar, nilai perusahaan umum baru terbesar sepanjang sejarah. Setelah IPO,
Zuckerberg akan memperoleh 22% saham Facebook dan 57% hak suara. IPO ini
berhasil menggalang $16 miliar dan menjadikan IPO ini yang terbesar ketiga
dalam sejarah Amerika Serikat. Saham mulai diperdagangkan pada 18 Mei, dan
meski saham berusaha tetap berada di atas harga IPO sepanjang hari itu,
jumlahnya mencetak rekor baru dalam hal volume perdagangan IPO. Beberapa hari
setelah IPO, regulator dari U.S. Securities and Exchange Commission mulai
menyelidiki pelaksanaan IPO, setelah klaim bahwa perkiraan pertumbuhan Facebook
yang semakin lemah tidak diungkapkan kepada seluruh pemegang saham.
Sebagian besar pendapatan Facebook berasal dari periklanan. Microsoft
adalah rekan eksklusif Facebook untuk melayani iklan spanduk, dan
Facebook hanya melayani iklan yang masuk dalam inventaris
iklan Microsoft. Menurut comScore, sebuah perusahaan riset pemasaran Internet,
Facebook memperoleh data dari pengunjung sama banyaknya dengan Google dan
Microsoft, namun sedikit kurang dari Yahoo!. Tahun 2010, tim keamanan
Facebook mulai memperluas upayanya untuk mengurangi risiko privasi pengguna. Pada
6 November 2007, Facebook meluncurkan Facebook Beacon yang kemudian
menjadi usaha gagal untuk beriklan kepada teman pengguna menggunakan cara
"apa yang dibeli teman".
Facebook umumnya memiliki tingkat klik (CTR) yang lebih rendah untuk iklan daripada situs-situs web besar lainnya. Untuk iklan spanduk, mereka menerima seperlima jumlah klik di Facebook jika dibandingkan dengan Web secara keseluruhan. Ini berarti bahwa persentase kecil pengguna Facebook mengeklik iklan lebih banyak dibanding situs web lain. Misalnya, pengguna Google mengeklik iklan pertama pada hasil pencarian dengan rata-rata 8% dalam satu waktu (80.000 klik untuk setiap satu juta pencarian), sementara pengguna Facebook mengeklik iklan dengan rata-rata 0,04% dalam satu waktu (400 klik untuk setiap satu juta halaman).
Salah satu aplikasi paling populer di Facebook adalah Foto, tempat
pengguna dapat mengunggah album dan foto. Facebook mengizinkan pengguna
untuk mengunggah foto dalam jumlah tak terbatas, dibandingkan layanan
penyimpanan gambar seperti Photobucket dan Flickr yang
membatasi jumlah foto yang dapat diunggah seseorang. Pada tahun-tahun
pertamanya, pengguna Facebook dibatasi untuk mengunggak 60 foto per album.
Pada Mei 2009, batas ini dinaikkan menjadi 200 foto per album.
Tanggal 20 Juli 2008, Facebook meluncurkan "Facebook Beta", yaitu
desain ulang antarmuka penggunanya pada beberapa jaringan. Mini-Feed dan
Dinding digabungkan, profil dipisah menjadi tab, dan mereka berusaha untuk
membuatnya terlihat lebih "sederhana". Setelah awalnya memberi
pengguna pilihan untuk pindah, Facebook mulai memindahkan semua pengguna ke
versi halaman baru pada September 2008. Tanggal 11 Desember 2008,
diumumkan bahwa Facebook sedang menguji proses pendaftaran yang lebih mudah.
Tanggal 15 November 2010, Facebook mengumumkan layanan "Facebook
Messages" baru. Pada media hari itu, CEO Mark Zuckeberg mengatakan,
"memang benar bahwa seseorang dapat memperoleh alamat surel @facebook.com,
namun itu bukan surel." Peluncuran fitur tersebut telah diantisipasi
sementara waktu sebelum pengumuman ini, dengan sejumlah pengamat menyebutnya
sebagai "pembunuh Gmail". Sistem ini, yang akan diluncurkan kepada
semua pengguna situs tersebut, menggabungkan pesan teks, pesan
instan, surel, dan pesan reguler, dan akan meliputi pengaturan privasi
sama seperti layanan Facebook. Dijuluki "Project Titan", Facebook
Messages memakan 15 bulan dalam pengembangannya.
Menurut comScore, Facebook adalah situs jaringan sosial terdepan
berdasarkan jumlah pengunjung bulanan dan mengalahkan pesaing utamanya, MySpace pada
April 2008. ComScore melaporkan bahwa Facebook menarik 130 juta pengunjung
pada Mei 2010, sebuah peningkatan sebesar 8,6 juta
orang. Menurut Alexa, peringkat Facebook di antara seluruh situs web
menurut lalu lintas dunia naik dari 60 ke 7 mulai September 2006 hingga
September 2007, dan saat ini peringkat ke-2 tertinggi di dunia. Quantcast dan Compete.com menempatkan
Facebook pada peringkat ke-2 menurut lalu lintas di AS. Situs web ini adalah
yang paling populer untuk mengunggah foto, dengan total 50 miliar unggahan
foto. Tahun 2010, Sophos "Security Threat Report 2010"
melakukan pemungutan suara dari 500 firma, 60% di antaranya mengatakan bahwa
mereka percaya Facebook adalah jaringan sosial yang memiliki ancaman keamanan
terbesar dibandingkan MySpace, Twitter, dan LinkedIn.
Facebook adalah salah satu situs jaringan sosial paling populer di
sejumlah negara penutur bahasa Inggris, termasuk Kanada, Britania
Raya, dan Amerika Serikat. Pada pasar Internet regional, penetrasi
Facebook tertinggi ada di Amerika Utara (69%), diikuti Timur Tengah-Afrika
(67%), Amerika Latin (58%), Eropa (57%), dan Asia-Pasifik (17%).
Facebook telah menghadapi berbagai kontroversi. Situs ini telah diblokir di
beberapa negara termasuk Republik Rakyat Tiongkok, Vietnam, Iran, Uzbekistan,
Pakistan, Suriah, dan Bangladesh atas alasan yang berbeda-beda. Misalnya karena
anti-Islam dan konten diskriminasi agama yang diizinkan oleh Facebook, situs
ini dilarang di banyak negara di dunia. Selain itu, Facebook juga dilarang di
beberapa perkantoran untuk mencegah karyawan membuang-buang waktu. Privasi
pengguna Facebook juga dipermasalahkan dan keamanan akun pengguna telah
ditembus beberapa kali. Facebook berhasil menyelesaikan tuntutan hukum mengenai
klaim kode sumber dan properti intelektual.
Lebih dari 1.000.000 orang menginstal aplikasi 'US politics' di Facebook
agar dapat berpartisipasi, dan aplikasi ini mengukur respon pengguna terhadap
komentar tertentu yang dilontarkan oleh kandidat debat. Debat ini menunjukkan
kepada komunitas masyarakat tentang apa yang telah dialami remaja saat ini:
Facebook adalah cara baru yang sangat populer dan kuat untuk berinteraksi dan
menyuarakan pendapat. Artikel yang ditulis Michelle Sullivan di Uwire.com
mengilustrasikan bagaimana "efek Facebook" telah memengaruhi tingkat
suara remaja, mendukung kandidat politik muda, dan keterlibatan umum populasi
remaja pada pemilu 2008.
Pada Februari 2008, sebuah grup Facebook bernama "One Million Voices
Against FARC" mengadakan acara yang dihadiri ratusan ribu penduduk
Kolombia yang memrotes Angkatan Bersenjata Revolusioner Kolombia, dikenal
sebagai FARC (dari kepanjangannya yang berbahasa Spanyol). Bulan Agustus 2010,
salah satu situs pemerintah resmi Korea Utara, Uriminzokkiri, bergabung dengan
Facebook.Tahun 2010, seorang direktur kesehatan masyarakat Inggris yang
memimpin staf untuk meneliti sifilis, mempertautkan dan menyalahkan
kenaikan kasus sipilis di sejumlah wilayah Britania kepada Facebook. Laporan
penelitian ini dikecam oleh Facebook karena "mengabaikan perbedaan
antara korelasi dan kausalitas."
Sumber
Labels:
Serba-serbi
Thanks for reading Facebook. Please share...!