"Tweeting"
dan "Tweeted" dialihkan ke halaman ini. Untuk kegunaan lain,
lihat vokalisasi burung dan Tweet.
Tingginya popularitas Twitter menyebabkan layanan ini telah dimanfaatkan untuk berbagai keperluan dalam berbagai aspek, misalnya sebagai sarana protes, kampanye politik, sarana pembelajaran, dan sebagai media komunikasi darurat. Twitter juga dihadapkan pada berbagai masalah dan kontroversi seperti masalah keamanan dan privasi pengguna, gugatan hukum, dan penyensoran.
Sejarah
Pendirian dan reaksi awal
Sketsa cetak biru Twitter (2006) oleh Jack Dorsey, yang membayangkan
sebuah layanan pesan singkat berbasis jejaring sosial.
Pertumbuhan
Jack Dorsey, salah
seorang pendiri Twitter, pada tahun 2009.
Logo
|
Twitter dimiliki dan dioperasikan oleh Twitter, Inc., yang berbasis di San
Francisco, dengan kantor dan peladen tambahan terdapat di New York City,
Boston, dan San Antonio. Hingga Mei 2015, Twitter telah memiliki lebih dari 500
juta pengguna, 302 juta di antaranya adalah pengguna aktif.
Asal mula Twitter berawal dari acara diskusi yang diselenggarakan oleh sebuah
perusahaan podcast bernama Odeo. Jack Dorsey, seorang mahasiswa sarjana di
Universitas New York, mengemukakan gagasannya mengenai penggunaan layanan pesan
singkat untuk berkomunikasi dengan sebuah kelompok kecil. Nama kode proyek asli
untuk layanan ini adalah twttr, gagasan yang kemudian diungkapkan oleh
Evan Williams dikemukakan oleh Noah Glass; terinspirasi oleh Flickr dan kode
singkat SMS Amerika yang jumlahnya lima digit. Para pengembang awalnya
memutuskan angka "10958" sebagai kode singkat untuk layanan ini,
namun kemudian diubah menjadi "40404" untuk kemudahan
"penggunaan dan pengingatan." Pengerjaan proyek ini dimulai pada
tanggal 21 Maret 2006, ketika Dorsey memublikasikan pesan Twitter pertamanya
pada pukul 9:50 PM PST. Pesan tersebut berbunyi: "just setting up my
twttr".
"...kami memilih kata 'twitter', dan itu sempurna. Defenisinya adalah
'ledakan singkat informasi tidak penting', dan 'celotehan burung'. Dan seperti
itulah tepatnya produk ini. – Jack DorseyTwitter pertama kali digunakan sebagai
layanan internal bagi karyawan Odeo, dan versi lengkapnya diperkenalkan kepada
publik pada tanggal 15 Juli 2006. Pada bulan Oktober 2006, Biz
Stone, Evan Williams, Dorsey, dan staf Odeo lainnya membentuk perusahaan
baru, mengakuisisi Odeo dan semua asetnya – termasuk Odeo.com dan
Twitter.com – dari investor dan pemegang saham. Williams
lalu memecat Glass, yang tidak mengungkapkan mengenai perannya dalam pendirian
Twitter hingga tahun 2011. Twitter berdiri sebagai perusahaan mandiri pada
bulan April 2007.
Titik puncak popularitas Twitter terjadi saat penyelenggaraan
konferensi South by Southwest Interactive (SXSWi) pada tahun 2007.
Selama acara tersebut, penggunaan Twitter meningkat dari 20.000
kicauan menjadi 60.000 kicauan per hari. Menurut Steven
Levy dari Newsweek, "Orang-orang Twitter dengan cerdik
menempatkan layar plasma 60 inci di aula konferensi, yang secara
eksklusif menayangkan pesan Twitter. Para panelis dan pembicara membicarakan
layanan tersebut, dan para blogger yang hadir memujinya."
Reaksi publik pada konferensi tersebut sangat positif. Blogger Scott Beale
berkata bahwa Twitter "benar-benar merajai" SXSWi. Pakar media
sosial, Danah Boyd, mengatakan bahwa Twitter "menguasai"
konferensi. Staf Twitter menerima penghargaan Web Award, dan menyatakan:
"kami ingin mengucapkan terima kasih dalam 140 karakter atau kurang. Dan
kami baru saja melakukannya!".
Pesan Twitter pertama yang dikirimkan dari luar Bumi diposting
dari Stasiun Luar Angkasa Internasional oleh
astronot NASA bernama T. J. Creamer pada tanggal 22 Januari
2010. Pada akhir November 2010, rata-rata selusin kicauan per hari
diposting dari akun @NASA_Astronauts. NASA juga telah menggelar lebih dari
25 "tweetups", yaitu ajang yang menawarkan akses VIP ke
fasilitas NASA bagi para peserta di jejaring sosial untuk meningkatkan tujuan
penjangkauan NASA.
Twitter mengalami pertumbuhan yang pesat. Terdapat 400.000 kicauan yang
diposting per kuartal pada tahun 2007. Jumlah ini meningkat menjadi 100 juta
kicauan per kuartal pada 2008. Pada Februari 2010, pengguna Twitter mengirimkan
50 juta kicauan per hari. Pada Maret 2010, perusahaan mencatat terdapat
lebih dari 70.000 aplikasi Twitter terdaftar. Hingga bulan Juni 2010,
menurut Twitter, sekitar 65 juta kicauan diposting setiap harinya, atau sekitar
750 kicauan per detik, dan pada bulan Maret 2011, jumlah kicauan yang
diposting setiap harinya mencapai 140 juta. Menurut
laporan Compete.com, posisi Twitter naik ke peringkat ketiga sebagai
situs jejaring sosial yang paling sering dikunjungi pada bulan
Januari 2009, dari yang sebelumnya menempati peringkat dua puluh dua.
Lonjakan penggunaan Twitter umumnya terjadi saat berlangsungnya
peristiwa-peristiwa populer. Sebagai contoh, rekor Twitter tercatat pada
penyelenggaraan Piala Dunia FIFA 2010, saat penggemar menulis 2.940
kicauan per detik setelah Jepang mencetak gol ke
gawang Kamerun pada tanggal 14 Juni 2010. Rekor ini dipecahkan ketika
3.085 kicauan diposting per detiknya oleh pengguna yang merayakan
kemenangan Los Angeles Lakers dalam Final NBA 2010 pada
tanggal 17 Juni 2010, dan dipecahkan lagi saat Jepang mengalahkan Denmark
dalam Piala Dunia 2010, dengan 3.283 kicauan per detik. Rekor tersebut
kemudian dipecahkan saat pengguna Twitter memosting 7.196 kicauan per detik
ketika menyaksikan Final Piala Dunia Wanita FIFA 2011 antara Jepang
dan Amerika Serikat. Saat penyanyi Amerika Michael
Jackson wafat pada 25 Juni 2009, server Twitter jebol setelah puluhan juta
pengguna memperbarui statusnya untuk menuliskan kata "Michael
Jackson", dengan tingkat kicauan sekitar 100.000 per jam. Hingga 1
Januari 2013, rekor dicatatkan oleh pengguna yang berdiam di Zona Waktu Standar
Jepang saat merayakan tahun baru, dengan jumlah kicauan 33.388 per detik;
mengalahkan rekor sebelumnya (25.088 kicauan per detik), juga dicatatkan oleh
pengguna di Jepang saat pemutaran televisi film "Castle In The Sky".
Twitter mengakuisisi perusahaan pengembang aplikasi, Atebits, pada tanggal
11 April 2010. Atebits sendiri telah mengembangkan aplikasi klien Twitter
bernama Tweetie, yang dirancang untuk Mac dan iPhone, serta
telah memenangkan Apple Design Award. Saat ini, aplikasi tersebut bernama
"Twitter", yang didistribusikan secara gratis dan menjadi klien
Twitter resmi untuk iPhone, iPad, dan Mac.
Dari September hingga Oktober 2010, perusahaan mulai memperkenalkan
"New Twitter", edisi baru yang sepenuhnya mengubah tampilan
twitter.com. Perubahan ini termasuk kemampuan untuk melihat gambar dan video
tanpa harus meninggalkan situs Twitter; yaitu dengan cara mengklik kicauan
individu yang berisikan tautan pada gambar dan klip dari berbagai situs web
pendukung, termasuk YouTube dan Flickr. Perubahan lainnya adalah
merekonstruksi antarmuka dengan memindahkan tautan seperti '@balas' (mentions)
dan 'Retweets' ke bagian atas arus Twitter, sedangkan fitur 'Pesan' dan
'Keluar' dapat diakses melalui bar hitam di bagian paling atas twitter.com.
Pada tanggal 1 November 2010, perusahaan mengumumkan bahwa "New
Twitter" ini telah diluncurkan bagi semua pengguna.
Pada tanggal 5 April 2011, Twitter menguji tampilan halaman depan baru dan
secara bertahap meninggalkan "Old Twitter." Namun,
beberapa glitch muncul setelah halaman itu diluncurkan,
sehingga halaman depan "retro" sebelumnya tetap digunakan sampai
masalah tersebut bisa diatasi; halaman depan baru akhirnya diperkenalkan
kembali pada tanggal 20 April. Pada 8 Desember 2011, Twitter lagi-lagi
merombak situsnya dengan memperkenalkan fitur desain "Fly". Dikatakan
bahwa layanan ini akan lebih memudahkan pengguna baru untuk mengikuti dan
mempromosikan iklan. Selain itu, Twitter juga memperkenalkan tab 'Beranda' (Home),
'Hubungkan' (Connect), dan 'Temukan' (Discover), serta mendesain
ulang profil dan lini masa kicauan. Tata letak twitter.com yang baru ini kerap
dibandingkan dengan Facebook.
Pada 21 Februari 2012, diumumkan bahwa Twitter dan Yandex, mesin
pencari yang berbasis di Rusia, telah sepakat untuk bekerja
sama. Pada 21 Maret 2012, Twitter merayakan ulang tahunnya yang keenam,
sekaligus mengumumkan bahwa Twitter telah memiliki 140 juta pengguna, dengan jumlah
kicauan 340 juta per hari. Jumlah pengguna Twitter naik 40% dari September
2011, yang mana pada saat itu penggunanya berjumlah 100 juta. Pada April
2012, Twitter mengumumkan membuka kantor baru di Detroit agar bisa
bekerja sama dengan perusahaan otomotif dan biro iklan. Twitter juga
memperluas kantor cabangnya hingga ke Dublin.
Pada tanggal 5 Juni 2012, logo modifikasi Twitter diresmikan melalui blog
perusahaan; menghapus teks "twitter" dan hanya menampilkan gambar
burung sebagai simbol Twitter. Selanjutnya, pada 5 Oktober 2012, Twitter
mengakuisisi perusahaan klip video bernama Vine. Pada 24 Januari 2013,
Twitter merilis Vine sebagai aplikasi mandiri yang memungkinkan pengguna untuk
membuat dan berbagi klip video sepanjang enam detik. Video Vine yang dibagikan di
Twitter akan terlihat langsung pada umpan Twitter pengguna. Karena
masuknya konten yang tidak pantas, aplikasi ini dinilai 17+ di Apple app
store.
Pada 18 Desember 2012, Twitter mengumumkan telah memiliki 200 juta pengguna
yang aktif per bulannya. Pada 18 April 2013, Twitter meluncurkan aplikasi
musik bernama "Twitter Music for iPhone".
Pada awal pendiriannya, CEO Twitter, Inc. dijabat oleh Jack Dorsey. Pada
tanggal 16 Oktober 2008, Evan Williams mengambil alih posisi CEO,
sedangkan Dorsey menjadi pimpinan eksekutif. Pada 4 Oktober 2010, Williams
mengumumkan bahwa ia mengundurkan diri sebagai CEO. Dick Costolo, yang
sebelumnya menjabat sebagai COO, menjadi CEO baru Twitter, Inc. Menurut
blog Twitter pada tanggal 4 Oktober 2010, Williams tetap bekerja di perusahaan
dan "berfokus pada strategi produk."
Secara internasional, Twitter dikenal dengan logo burung birunya yang
bernama "Larry the Bird". Logo asli digunakan sejak peluncuran
Twitter pada 2006 hingga bulan September 2010. Versi modifikasi logo Twitter
diluncurkan saat Twitter mendesain ulang situsnya untuk pertama kali.
Pada 27 Februari 2012, seorang karyawan Twitter yang menangani platform
dan API perusahaan berkicau mengenai evolusi logo "Larry the
Bird", mengungkapkan bahwa logo tersebut dinamai berdasarkan Larry
Bird, pemain NBA dari Boston Celtics. Pada 5 Juni 2012, Twitter
meluncurkan logo ketiga yang di desain ulang, menggantikan "Larry the
Bird" dengan logo baru yang dinamakan "Twitter Bird." Pada
revisi logo ini, kata "twitter", dengan huruf "t" kecil,
tidak lagi digunakan, dan burung menjadi satu-satunya simbol yang digunakan
sebagai logo perusahaan. Menurut Douglas Bowman, desainer grafis Twitter,
logo baru ini terinspirasi dari Gunung Bluebird.
Twitter memiliki aplikasi seluler
untuk iPhone, iPad, Android, Windows
Phone, BlackBerry, dan Nokia s40. Ada juga situs web
bagi perangkat seluler, layanan Twitter SMS, dan MMS. Twitter
membatasi penggunaan aplikasi pihak ketiga dengan menerapkan batas 100.000
pengguna.
Twitter diperkirakan telah meraup lebih dari US$57 juta dari pendanaan
pemodal gabungan, meskipun angka pastinya tidak diungkapkan kepada publik.
Pendanaan awal Twitter tidak diketahui jumlahnya, namun dikabarkan mencapai
angka US$1 hingga US$5 juta. Pendanaan putaran kedua pada tahun
2008 diperkirakan sebesar US$22 juta, dan pendanaan putaran ketiga
pada 2009 adalah sebesar US$35 juta, yang berasal dari Institutional
Venture Partners dan Benchmark Capital, termasuk jumlah tak diketahui yang
diperoleh dari investor lain, seperti Union Square Ventures, Spark Capital,
dan Insight Venture Partners. Pendanaan Twitter sendiri disokong oleh
Union Square Ventures, Digital Garage, Spark Capital, dan Bezos Expeditions.
Media menduga bahwa
tagar #wikileaks dan #occupywallstreet disensor oleh
Twitter karena topik ini tidak muncul dalam daftar tren. Twitter menanggapinya
dengan menyatakan bahwa "kami tidak menyensor tagar kecuali mengandung
kata-kata kotor. Lebih dari dua puluh kardinal Katolik
Roma memiliki akun Twitter yang aktif, sembilan di antaranya adalah
kardinal elektor dalam Konklaf Kepausan 2013. Twitter juga
menyebabkan penggunaan TV menjadi lebih interaktif. Efek ini
terkadang disebut dengan "pendingin air virtual" atau "televisi
sosial. Twitter berhasil mendorong orang-orang agar menyaksikan acara
siaran langsung televisi, seperti Oscars, Super
Bowl, dan MTV Video Music Awards; namun strategi ini kurang efektif
pada acara-acara TV terjadwal. Pada April 2013, akun Associated
Press diretas, melaporkan bahwa Presiden AS Barack Obama terluka dalam
sebuah serangan di Gedung Putih. Saham perusahaan ini merosot seketika
$134 juta, dan nilainya kembali ke semula setelah diketahui bahwa laporan
tersebut palsu.
Sumber
Labels:
Serba-serbi
Thanks for reading Twitter. Please share...!