Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Merangkai Perangkat Komputer

3.  Merangkai Perangkat Komputer

Sebelum digunakan, perangkat penyusun komputer harus dirangkai. Dapat dikatakan bahwa perangkat utama penyusun komputer adalah CPU. Perangkat-perangkat yang lain dirangkai dengan memasangkan perangkat tersebut pada casing.

Setelah mengetahui berbagai port, sekarang coba perhatikan langkahlangkah untuk merangkai komputer. Karena setiap perangkat memiliki port dan konektor khusus, saat merangkai perangkat Anda harus memerhatikan masing-masing port pada casing. Perhatikan port pada casing di bawah ini.

a.       Memasang Kabel Power Casing

Perhatikan langkah-langkah memasang kabel power casing berikut.

1)     Siapkan kabel power yang dilengkapi konektor IEC.

2)     Tancapkan konektor IEC pada port IEC

b.      Menyambungkan Casing dan Monitor

Perhatikan langkah-langkah menyambung casing dan monitor berikut.

1)     Siapkan kabel penghubung casing dan monitor.

2) Hubungkan konektor dengan port casing, kuatkan posisi konektor dengan cara mengencangkan baut.

c.        Menyambungkan Casing dan Mouse

Cara menghubungkan casing dan mouse dapat dilakukan dengan dua cara. Cara yang dapat Anda gunakan bergantung pada jenis konektor mouse. Jika menggunakan konektor PS/2, carilah port untuk menancapkan konektor mouse jenis PS/2. Ingat bahwa port ini berwarna hijau muda.

Jika Anda menggunakan mouse jenis USB, tancapkan konektor mouse pada port USB.

d.      Menyambungkan Casing dan Keyboard

Cara menyambungkan keyboard hampir sama dengan cara menyambungkan mouse. Bedanya, Anda harus menancapkan konektor PS/2 pada port berwarna ungu.

Jika Anda menggunakan keyboard jenis USB, tancapkan konektor USB pada port USB.

e.        Menyambungkan Casing dengan Jaringan

Agar dapat berhubungan dengan komputer lain, Anda dapat merangkaikan komputer menjadi jaringan. Jika Anda telah memiliki jaringan komputer, Anda hanya perlu menambahkan satu computer dalam jaringan tersebut. Langkah-langkah yang dapat Anda lakukan sebagai berikut.

1)     Siapkan kabel jaringan beserta konektor yang sesuai.

2)     Tancapkan konektor tersebut pada port Ethernet.

 

f.        Menyambungkan Speaker dan Casing

Speaker menggunakan beberapa jenis konektor antara lain konektor TRS dan konektor USB. Cara menyambungkan speaker berkonektor TRS mirip dengan cara menyambung speaker berkonektor USB. Jika Anda menggunakan konektor USB, tancapkan konektor USB pada salah satu port USB casing. Konektor USB ini berfungsi sebagai penghubung speaker ke sumber listrik. Sebaliknya, jika tidak menggunakan konektor USB, tancapkan konektor power ke sumber listrik.

Tancapkan konektor TRS pada port berwarna hijau muda. Port ini biasa terletak di tengah atau di antara dua port pengapit.

g.       Menghubungkan Monitor dan Casing dengan UPS

Monitor dan casing memerlukan arus listrik agar dapat bekerja. Pada dasarnya casing serta monitor dapat dihubungkan secara langsung dengan sumber listrik. Akan tetapi cara ini kurang aman. Sebaiknya casing serta monitor dihubungkan dengan Uniterruptible Power Supply (UPS) terlebih dahulu. UPS dapat menyimpan arus listrik sehingga komputer tidak langsung mati saat listrik mati.

Untuk menghubungkan monitor ke UPS, lakukan langkah-langkah berikut.

1)     Siapkan kabel power monitor.

2)   Tancapkan konektor IEC (konektor pada monitor) pada port yang sesuai.

3)     Tancapkan kabel dari casing dan monitor ke UPS.

h.      Menghubungkan UPS Sumber Listrik

UPS memiliki kabel untuk menghubungkan alat ini dengan sumber listrik. Untuk menghubungkan UPS dan sumber listrik, lakukan langkah-langkah berikut.

1)     Siapkan kabel power UPS.

2)     Tancapkan konektor pada port yang sesuai.

3)     Tancapkan kabel ke sumber listrik.

 

Sumber

Labels: Serba-serbi

Thanks for reading Merangkai Perangkat Komputer. Please share...!

Back To Top