Setelah
kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan peserta didik mampu:
1. Menjelaskan
definisi dan bentuk umum sistem pertidaksamaan dua variable kuadrat-kuadrat.
2. Menjelaskan
penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat.
3. Menyatakan
permasalahan dalam kehidupan sehari-hari ke dalam bentuk sistem pertidaksamaan
dua variabel kuadrat kuadrat.
4. Menentukan penyelesaian sistem pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat.
B. Uraian Materi
1.
Definisi dan Bentuk Umum
Peserta
didik sekalian, setelah kalian mempelajari SPtDVLK maka kalian pasti akan lebih
mudah untuk mempelajari materi sistem pertidaksamaan dua variabel
kuadrat-kuadrat atau SPtDVKK. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan bentuk umum
pertidaksamaannya hampir menyerupai satu dengan yang lain. Yang membedakan
adalah SPtDVLK salah satu pertidaksamaannya berbentuk PtLDV sedangkan SPtDVKK
semua pertidaksamaannya berbentuk PtKDV. Pasti kalian tertarik bukan untuk
mempelajari materi SPtDVKK lebih lanjut. Untuk memenuhi rasa penasaran kalian
silahkan mencermati uraian materi berikut.
Sistem
pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat atau SPtDVKK adalah kumpulan beberapa pertidaksamaan yang memuat lebih dari satu pertidaksamaan kuadrat dua variabel. Sehingga bentuk umumnya adalah sebagai berikut.
Keterangan:
· Variabel
adalah x dan y
· Koefisien
adalah a, b, p dan q
· Konstanta
adalah c dan r
Contoh:
Bentuk-bentuk
sistem pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat:
Apakah
kalian sudah mulai memahami konsep sistem pertidaksamaan dua variable kuadrat-kuadrat?
Jika belum kalian dapat mengulang kembali membaca materi tersebut. Tetap
semangat dan jangan cepat putus asa ya.
2.
Penyelesaian Sistem Pertidaksamaan
Dua Variabel KuadratKuadrat
Kalian telah
mempelajari cara menggambar daerah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dua
variabel. Setelah kalian mampu menentukan daerah penyelesaian pertidaksamaan kuadrat
dua variabel, silahkan melanjutkan mempelajari cara menentukan daerah penyelesaian
sistem pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat. Untuk menyelesaikan sistem
pertidaksamaan tersebut, langkah-langkah yang perlu dilakukan adalah sebagai berikut.
Metode yang digunakan untuk menyelesaikan sistem pertidaksamaan dua variabel
kuadrat-kuadrat adalah metode grafik.
1. Menggambar daerah penyelesaian
masing-masing pertidaksamaan dalam system tersebut
2. Mengarsir daerah penyelesaian sistem
pertidaksamaan, yaitu dengan daerah yang merupakan irisan dari daerah
penyelesaian semua pertidaksamaan dalam system tersebut.
Contoh:
Tentukan daerah
penyelesaian dari sistem pertidaksamaan y
≥ x2 – 4 dan y < –x2 – x + 2!
Alternatif
Penyelesaian:
Langkah-langkah:
1.
Menggambar
daerah penyelesaian pertidaksamaan y
≥ x2 – 4 sebagai berikut.
2.
Menggambar
daerah penyelesaian pertidaksamaan y
< –x2 – x + 2 sebagai berikut.
3.
Menentukan
irisan dari dua daerah himpunan di atas
4.
Daerah
yang diarsir pada gambar di atas merupakan daerah penyelesaian yang dimaksud.
Kalian dapat
memahami penjelasan di atas bukan? Menurut kalian di mana letak kesulitan dalam
menentukan penyelesaian SPtDVKK? Ya, umumnya kesulitan terletak pada teknik menggambar
grafik pertidaksamaan kuadrat dua variabel, oleh karena itu kalian harus sering
berlatih menggambar grafik tersebut. Kalian harus yakin bahwa semakin banyak berlatih
akan meningkatkan ketrampilan kalian dalam menggambar grafik pertidaksamaan
kuadrat dua variabel. Untuk itu silahkan melatih diri kalian dengan mengerjakan
soal-soal latihan di bawah ini.
C. Rangkuman
1.
Sistem
pertidaksamaan dua variabel kuadrat-kuadrat (SPtDVKK) adalah kumpulan beberapa
pertidaksamaan yang sedikitnya memuat satu pertidaksamaan linear dan satu
pertidaksamaan kuadrat dua variabel.
2.
Bentuk
umum SPtDVKK adalah sebagai berikut.
Sumber
Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Sistem Pertidaksamaan Dua Variabel Kuadrat-Kuadrat. Please share...!