Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Vektor Nol

 

Vektor Nol

Yang dimaksud dengan vektor nol adalah vektor yang besarnya nol atau tidak mempunyai panjang (berupa titik). Vektor nol tidak mempunyai arah tertentu. Vektor nol dilambangkan dengan . Pada koordinat ruang Cartesius, vektor nol adalah titik O(0,0,0).

Vektor Satuan

Vektor yang mempunyai panjang 1(satu) satuan disebut vektor satuan. Vektor satuan dari vektor  didefinisikan vektor  dibagi dengan besar vektor  sendiri, yang dirumuskan dengan .

Contoh 5:

Tentukan vektor satuan dari vektor 

Alternatif Penyelesaian :

Panjang vektor  adalah 

Jadi, vektor satuan vektor  adalah dan .

Panjang vektor  adalah .

C. Rangkuman

v  Modulus (panjang) vektor pada bangun ruang adalah besar dari vektor yang merupakan panjang segmen garis berarah yang menyatakan vektor tersebut.

v  Modulus vektor  dinyatakan dengan 

v  Vektor posisi adalah vektor yang menyatakan kedudukan setiap titik di ruang koordinat Cartesius. Vektor posisi berpangkal di titik O(0,0,0) dan berujung di titik pada ruang koordinat.

v  Dua vektor dikatakan sama jika mempunyai besar dan arah yang sama. Vektor yang besarnya sama dengan  tetapi arahnya berlawanan dengan  dikatakan vektor negative .

v  Vektor nol adalah vektor yang besarnya nol dan tidak mempunyai arah.

v  Vektor satuan adalah vektor yang besarnya 1. Vektor satuan yang searah dengan suatu vektor  ditentukan dengan rumus: 

 

 

“Sumber Informasi”

Labels: Matematika

Thanks for reading Vektor Nol. Please share...!

Back To Top