Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 1: Distribusi Peluang Acak Kontinu

A. Tujuan Pembelajaran

Pada pembelajaran kali ini, Ananda akan diajak untuk memahami konsep variable acak kontinu.

B. Uraian Materi

Distribusi Peluang Acak Kontinu

1. Variabel Acak Kontinu

Pada modul sebelumnya yaitu modul KD 3.5 Ananda telah belajar tentang variable acak diskrit, yaitu variabel yang menggunakan bilangan bulat untuk menyatakan hasil suatu percobaan. Nahhh untuk variabel acak kontinu menggunakan bilangan riil untuk menyatakan hasil suatu percobaan.

Variabel acak kontinu diperoleh dari hasil mengukur dan nilainya berupa bilangan riil. Nilai-nilai variabel acak kontinu jika digambarkan pada garis interval berupa deretan titik-titik yang saling tersambung membentuk garis. Sebagai contoh hasil pengukuran tinggi badan, hasil pengukuran suhu tubuh, dan lain-lain.

Contoh:

Pada suatu kelas yang beranggotakan 35 siswa dilakukan pengukuran tinggi badan siswa. Dari data hasil pengukuran tinggi badan tersebut diperoleh tinggi badan siswa tertinggi yaitu 175 cm dan terpendek 150 cm. Tentukan variabel acak yang menyatakan hasil pengukuran tinggi badan tersebut!

Alternatif Pembahasan :

Tinggi badan siswa tertinggi adalah 175 cm dan terpendek adalah 150 cm. Jika tinggi badan siswa dinyatakan dalam t maka nilainya adalah 150 ≤ t ≤ 175. Variabel acak t menyatakan tinggi badan siswa, maka T = {t | 150 ≤ t ≤ 175}.



“Sumber Informasi”

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 1: Distribusi Peluang Acak Kontinu. Please share...!

Back To Top