A. Tujuan Pembelajaran
Pada pembelajaran kali ini, Ananda akan diajak untuk memahami konsep variable acak kontinu.
B. Uraian Materi
Distribusi Peluang Acak Kontinu
1. Variabel Acak Kontinu
Pada modul
sebelumnya yaitu modul KD 3.5 Ananda telah belajar tentang variable acak
diskrit, yaitu variabel yang menggunakan bilangan bulat untuk menyatakan hasil suatu
percobaan. Nahhh untuk variabel acak kontinu menggunakan bilangan riil untuk menyatakan
hasil suatu percobaan.
Variabel
acak kontinu diperoleh dari hasil mengukur dan nilainya berupa bilangan riil.
Nilai-nilai variabel acak kontinu jika digambarkan pada garis interval berupa deretan
titik-titik yang saling tersambung membentuk garis. Sebagai contoh hasil
pengukuran tinggi badan, hasil pengukuran suhu tubuh, dan lain-lain.
Contoh:
Pada suatu
kelas yang beranggotakan 35 siswa dilakukan pengukuran tinggi badan siswa. Dari
data hasil pengukuran tinggi badan tersebut diperoleh tinggi badan siswa
tertinggi yaitu 175 cm dan terpendek 150 cm. Tentukan variabel acak yang
menyatakan hasil pengukuran tinggi badan tersebut!
Alternatif Pembahasan :
Tinggi badan
siswa tertinggi adalah 175 cm dan terpendek adalah 150 cm. Jika tinggi badan
siswa dinyatakan dalam t maka nilainya adalah 150 ≤ t ≤ 175.
Variabel acak t menyatakan tinggi badan siswa, maka T = {t | 150
≤ t ≤ 175}.
“Sumber
Informasi”
Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 1: Distribusi Peluang Acak Kontinu. Please share...!