Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 3: Kombinasi

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 3 ini diharapkan Kalian dapat menjelaskan konsep kombinasi, menganalisis kombinasi melalui masalah kontekstual, serta mampu menyelesaikan masalah kontekstual yang berkaitan dengan kombinasi.

B. Uraian Materi

1. Kombinasi

Misalkan dari 4 bersaudara Amir (A), Budi (B), Cahya (C), dan Doni (D) diundang 2 orang wakilnya untuk rapat keluarga. Ada berapa cara undangan itu dapat dipenuhi?

Bagaimana pula jika yang diundang adalah 3 orang dari 4 bersaudara itu?

Dari permasalahan di atas diperoleh bahwa objek eksperimennya adalah O = {A, B, C, D} sedangkan eksperimennya adalah mengundang hadir dalam rapat keluarga sebanyak 2 orang wakilnya.

Jika rapat keluarga itu yang diundang 2 orang, maka apakah arti dari (A, B) dan (B, A)? Apakah (A, B) = (B, A)?

Demikian juga, jika rapat keluarga itu yang diundang 3 orang, maka apakah arti dari (C, A, D) dan (A, C, D)? Apakah (C, A, D) = (A, C, D)?

Nah, ternyata untuk permasalahan di atas, (A, B) = (B, A), karena jika yang hadir Amir dan Budi, tentunya sama saja jika yang hadir Budi dan Amir. Demikian juga (C, A, D) = (A, C, D).

Untuk menjawab pertanyaan di atas ternyata urutan tidak diperhatikan. Susunan yang demikian ini dinamakan dengan kombinasi. Sekarang coba cari hubungan yang dapat diperoleh dari informasi pada masalah di atas, jika rapat keluarga itu yang diundang 2 orang, maka banyaknya pasangan anggota keluarga yang mungkin ikut rapat ada 6.

Pengertian

“Diberikan sebanyak n unsur berbeda. Sebuah kombinasi k unsur dari n unsur berbeda adalah sebuah jajaran dari k unsur yang urutannya tidak diperhatikan.”

Untuk lebih memahami pengertian ini, perhatikan huruf-huruf A, B, C, dan D.

a.     ABC, ABD, ACD, dan BCD merupakan kombinasi 3 huruf dari 4 huruf yang diketahui tanpa pengulangan.

b.    AAB, ABB, ACC, dan BDD merupakan kombinasi-3 huruf dari 4 huruf yang diketahui dengan pengulangan. (Coba cari kombinasi lainnya selain 4 kombinasi tersebut!)

c.     AD, CB, AB, dan BD merupakan kombinasi-kombinasi-2 huruf dari 4 huruf yang diketahui. (Coba cari kombinasi lainnya selain 4 kombinasi tersebut!)

Teorema

Misalkan n dan k bilangan bulat non negatif dengan k n. Banyaknya kombinasi k unsur dari n unsur berbeda tanpa pengulangan ditentukan dengan rumus:

Contoh

Dalam suatu ujian, setiap siswa diharuskan menjawab 4 soal dari 7 soal yang disediakan. Jika seorang siswa memilih secara acak soal yang akan dikerjakannya, berapa banyak cara atau pilihan untuk mengerjakan soal ujian tersebut ?

Alternatif Penyelesaian:         

Dalam kasus di atas, urutan nomor-nomor soal diabaikan. Sehingga banyaknya cara untuk menngerjakan 4 soal dari 7 soal ujian adalah kombinasi 4 soal dari 7 soal, sehingga diperoleh:

Jadi, banyak cara untuk mengerjakan soal ujian tersebut adalah 35 cara.

Contoh

Sebuah kontingen Olimpiade Matematika yang terdiri atas 5 siswa akan dipilih dari 6 siswa putra dan 4 siswa putri. Tentukan banyak cara kontingen ini dapat dibentuk jika:

a.  tidak ada pembatasan (tidak dibedakan antara putra dan putri)

b.  kontingen memiliki tepat 2 siswa putra

c.  kontingen memiliki paling sedikit 1 siswa putri

Alternatif Penyelesaian:         

Masalah ini termasuk masalah kombinasi, karena urutan pemilihan siswa tidak diperhatikan (tidak dipentingkan).

a.     tidak ada pembatasan

Jumlah siswa tanpa membedakan putra dan putri adalah 6 + 4 = 10. dari 10 siswa tersebut akan dipilih 5 siswa, sehingga banyak cara membentuk kontingen adalah:

b.     kontingen memiliki tepat 2 siswa putra

2 siswa putra dapat dipilih dari 6 siswa putra, dengan banyaknya cara memilihnya adalah C(6, 2).

Kontingen terdiri dari 5 siswa, berarti masih tersedia 3 tempat yang harus diisi oleh siswa putri. Banyaknya cara memilih 3 siswa putri dari 4 siswa putri adalah C(4, 3).

Dengan aturan perkalian, banyaknya cara membentuk kontingen yang memiliki tepat 2 siswa putra adalah:

c.      kontingen memiliki paling sedikit 1 siswa putri

Banyaknya cara membentuk kontingen yang terdiri atas 5 siswa dengan semuanya putra adalah C(6, 5)

Banyaknya cara membentuk kontingen adalah C(10, 5).

Jadi, banyaknya cara membentuk kontingen yang memiliki paling sedikit 1 siswa putri adalah:

 

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 3: Kombinasi. Please share...!

Back To Top