Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Rangkuman Ukuran Pemusatan Data

C. Rangkuman Ukuran Pemusatan Data

·    Ukuran pemusatan dari sekumpulan data merupakan suatu nilai yang diperoleh dari sekumpulan data yang dapat dipergunakan untuk mewakili kumpulan data tersebut, meliputi mean, modus, dan median.

·    Mean atau rata-rata hitung adalah jumlah semua data dibagi banyaknya data. Mean data berkelompok dapat dihitung dengan 3 cara, yaitu:

Rumus umum mean:

Cara Simpangan Rataan (Rataan Sementara):

Cara Pengkodean:

·    Modus adalah ukuran pemusatan data yang digunakan untuk menyatakan kejadian yang paling banyak terjadi atau paling banyak muncul. Modus data berkelompok ditentukan dengan rumus:

·    Median adalah ukuran yang terletak di tengah setelah data diurutkan. Median data berkelompok ditentukan dengan rumus:

·    Kuartil adalah ukuran yang membagi sekumpulan data terurut dibagi menjadi 4 bagian yang sama. Kuartil data berkelompok ditentukan dengan rumus:

·    Desil adalah ukuran yang membagi sekumpulan data terurut dibagi menjadi 10 bagian yang sama. Desil data berkelompok ditentukan dengan rumus:

 

Sumber

Labels: Matematik

Thanks for reading Rangkuman Ukuran Pemusatan Data. Please share...!

Back To Top