Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Komponen Vektor

Komponen Vektor

Diantara Anda pasti ada yang pernah bermain game menggunakan playstation, seperti game sepak bola? Ketika bermain game sepakbola Anda akan menggerakkan pemain di layar televisi dengan menggerakkan tombol-tombol ke kanan, kiri, atas, bawah, serong kanan bawah, serong kiri atas dan sebagainya. Untuk memindahkan pemain ke arah kanan atas, Anda dapat melakukannya dengan menekan tombol kanan, diikuti dengan menekan tombol atas atau dengan menekan tombol atas, diikuti dengan menekan tombol kanan.

Cara lain yang lebih cepat adalah dengan menekan tombol kanan dan tombol atas secara bersamaan.

Layar televisi dapat kita umpamakan bidang datar yang dapat digambarkan dengan bidang koordinat Cartesius XOY. Pemain-pemain sepakbola merupakan titik-titik yang dapat dipindahkan pada bidang XOY. Pemain sepakbola dapat berpindah letak ke segala arah dengan cara seperti uraian di atas. Pada prinsipnya setiap perpindahan letak pemain dapat ditentukan oleh dua komponen, yaitu gerakan ke kanan/kiri dan gerakan ke atas/bawah. Perpindahan letak pemain sepakbola itu merupakan suatu vektor.

Vektor yang digambarkan pada bidang koordinat mempunyai komponen horisontal (gerakan ke kanan/kiri) dan komponen vertikal (gerakan ke atas/bawah).

Contoh

Alternatif Penyelesaian:

Komponen horisontal vektor sebesar xQ xP, sedang komponen vertikal vektor sebesar yQ yP.

Dalam bentuk aljabar, vektor dapat dinyatakan dalam bentuk matriks kolom:

  

Dalam bentuk pasangan berurut:

Atau dalam bentuk vektor basis :

Contoh

Coba Anda perhatikan gambar vektor berikut.

Alternatif Penyelesaian:




 

 

 

 

 

 

 

 Sumber Informasi

Labels: Matematika

Thanks for reading Komponen Vektor . Please share...!

Back To Top