Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Vektor Nol

Vektor Nol

Suatu vektor disebut vektor nol apabila panjangnya nol. Arah dari vektor nol tak tentu, misalnya , dan semacamnya disebut vektor nol. Vektor nol dilambangkan dengan .

Vektor Posisi

Anda perhatikan gambar berikut.

Koordinat titik A(4, 3), titik B(6, 8) dan titik C(-3, 4). Vektor  memiliki pangkal titik O dan ujung titik A, vektor  memiliki pangkal titik O dan ujung titik B, vektor  memiliki pangkal titik O dan ujung titik C.

Dari uraian sebelumnya Anda sudah mengetahui bahwa ruas garis berarah pada gambar mewakili vektor dengan komponen vektor , vektor  dan vektor . Vektor vektor  disebut vektor posisi.

Vektor posisi suatu titik dapat dilambangkan sesuai dengan nama titik ujungnya yang ditulis dengan huruf kecil. Vektor posisi titik A ialah ๐‘Ž , Vektor posisi titik B ialah ๐‘⃗ , dan seterusnya. Vektor posisi titik .

Pada bidang koordinat Cartesius, setiap titik P pada bidang dapat dinyatakan sebagai vektor . Vektor  disebut vektor posisi dari titik P. Koordinat titik P merupakan komponen-komponen dari vektor . Vektor  dapat dinyatakan sebagai .

Vektor Satuan

Vektor satuan adalah vektor yang panjangnya satu satuan. Vektor satuan dengan arah sumbu X, dinotasikan dengan , sehingga vektor . Vektor satuan dengan arah sumbu Y, dinotasikan dengan , sehingga vektor .

Untuk setiap vektor ๐‘Ž yang bukan vektor nol, dapat ditentukan suatu vektor satuan dari vektor , dilambangkan dengan . Vektor satuan arahnya searah dengan vektor ๐‘Ž dan panjangnya sama dengan satu satuan.

Jika vektor , maka vektor satuan dari vektor ๐‘Ž dirumuskan dengan:

Contoh

Diketahui vektor , tentukan vektor satuan yang searah vektor ๐‘Ž !

Alternatif penyelesaian:

 

Panjang vektor  

Misalkan vektor satuan yang serah vektor adalah รช.

C. Rangkuman

Anda telah mempelajari konsep Vektor. Beberapa hal penting yang telah Anda pelajari kita rangkum disini:

·       Besaran vektor adalah besaran yang mempunyai besar dan arah.

·       Vektor dapat dinyatakan sebagai segmen garis berarah, di mana panjang segmen menyatakan besar vektor dan arah anak panah menyatakan arah vektor.

·       Vektor pada bidang koordinat Cartesius mempunyai dua komponen, yaitu komponen horisontal (sejajar sumbu X) dan komponen vertikal (sejajar sumbu Y). Jika diberikan komponen-komponen suatu vektor maka vektor tersebut dapat digambar dan dapat ditentukan besarnya.

·       Panjang vektor (Modulus vektor) adalah besar dari vektor yang merupakan panjang segmen garis berarah yang menyatakan vektor tersebut.

·       Panjang (modulus) vektor 

·       Vektor posisi adalah vektor dengan pangkal di titik O(0,0).

·       Dua vektor dikatakan sama jika kedua vektor tersebut mempunyai besar (modulus) dan arah yang sama.

·       Vektor yang besarnya sama dengan u tetapi arahnya berlawanan dengan u dikatakan vektor negatif u dan dilambangkan –u.

·       Vektor nol adalah vektor yang besarnya nol dan tidak mempunyai arah.

·       Vektor satuan adalah vektor yang besarnya 1 satuan.

 

 

 Sumber Informasi

Labels: Matematika

Thanks for reading Vektor Nol. Please share...!

Back To Top