Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 2: Limit Fungsi Aljabar

A.   Tujuan Pembelajaran

Anak-anak setelah kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan dapat:

1.     Memahami limit fungsi aljabar,

2.     Menentukan nilai limit fungsi aljabar,

3.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar.

 

B.   Uraian Materi

Anak – anak, jika kalian menemukan sebuah limit fungsi dan disubtitusikan 𝑥 = 2, maka hasilnya adalah . Dalam limit, ini tidak boleh dan harus diubah.

Bagaimana cara merubahnya ya?

Secara konsep matematika, cara merubah bentuk limit yang hasilnya  (bentuk tak tentu), kita menggunakan dua cara, yakni cara memfaktorkan dan merasionalkan (mengalikan dengan akar sekawan). Mau tau caranya? Simak pembahasan selanjutnya ya…
Nah berikutnya kita akan membahas metode penyelesaian limit bentuk tak tentu dengan pemfaktoran dan mengalikan dengan akar sekawan.
Sebelum membahas contoh soal dengan pemfaktoran kalian harus tahu dulu bentuk hasil limit. Bentuk hasil limit dibedakan menjadi dua yaitu bentuk tentu dan bentuk tak tentu.
          

Catatan

Dengan menggunakan metode substitusi, jika hasilnya bentuk tentu maka bentuk tentu itulah hasil limitnya. Tapi jika hasilnya merupakan bentuk tak tentu, maka harus diselesaikan dengan menggunakan metode faktorisasi atau mengalikan dengan akar sekawan.


Agar kalian paham dengan hasil bentuk tentu dan tak tentu, perhatikan contoh contoh berikut:

Contoh Soal 1 :

Tentukan hasil limit berikut!

Alternatif Penyelesaian:


Khusus dalam limit, ketika hasil limitnya berbentuk  maka nilainya sama dengan ∞, hal ini dikarenakan bentuk 0 nilainya mendekati grafik fungsi untuk x mendekati ∞.

 

Dengan substitusi hasilnya tidak ada bilangan yang memenuhi, sehingga harus diselesaikan dengan menggunakan metode lain.

 

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Limit Fungsi Aljabar. Please share...!

Back To Top