Anak-anak setelah kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan dapat:
1.
Memahami
limit fungsi aljabar,
2.
Menentukan
nilai limit fungsi aljabar,
3. Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan limit fungsi aljabar.
B. Uraian Materi
Anak – anak,
jika kalian menemukan sebuah limit fungsi dan disubtitusikan 𝑥 = 2, maka hasilnya adalah
. Dalam limit, ini tidak boleh dan
harus diubah.
Bagaimana
cara merubahnya ya?
Secara
konsep matematika, cara merubah bentuk limit yang hasilnya (bentuk tak tentu), kita menggunakan dua cara,
yakni cara memfaktorkan dan merasionalkan (mengalikan dengan akar
sekawan). Mau tau caranya? Simak pembahasan selanjutnya ya…
Nah berikutnya kita akan membahas metode penyelesaian limit bentuk tak tentu dengan
pemfaktoran dan mengalikan dengan akar sekawan.
Sebelum membahas contoh soal dengan pemfaktoran kalian harus tahu dulu bentuk hasil
limit. Bentuk hasil limit dibedakan menjadi dua yaitu bentuk tentu dan bentuk
tak tentu.
Catatan
Dengan
menggunakan metode substitusi, jika hasilnya bentuk tentu maka bentuk tentu
itulah hasil limitnya. Tapi jika hasilnya merupakan bentuk tak tentu, maka
harus diselesaikan dengan menggunakan metode faktorisasi atau mengalikan dengan
akar sekawan.
Agar kalian
paham dengan hasil bentuk tentu dan tak tentu, perhatikan contoh contoh berikut:
Contoh Soal 1 :
Alternatif Penyelesaian:
Khusus dalam limit, ketika hasil
limitnya berbentuk maka nilainya sama
dengan ∞, hal ini dikarenakan bentuk 0 nilainya mendekati grafik fungsi
untuk x mendekati ∞.
Dengan
substitusi hasilnya tidak ada bilangan yang memenuhi, sehingga harus diselesaikan dengan menggunakan metode lain.
Sumber
Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Limit Fungsi Aljabar. Please share...!