Selamat
datang kembali di Matematika Tahun Pelajaran 2019/2020 baru saja dimulai.
Tentunya bagi para guru sudah mempersiapkan senjatanya jauh-jauh hari
sebelumnya, baik dari Silabus, Prota (program
tahunan), Promes (Program semester), Menganalisis KI dan KD, membuat RPP
(Rencana Pelaksanaan Pembelajaran), Kaldik (Kalender Pendidikan), menghitung
minggu dan hari efektif, Rancangan penilaian, Program remidial dan Program
Pengayaan, dan lain sebagainya.
Di dalam
membuat perangkat pembelajaran seperti yang tersebut di atas, pemahaman akan
istilah-istilah menjadi cukup penting sebagai landasan berpijak dalam
mengaplikasikannya. Satu hal yang ingin saya soroti dan sering saya temukan
adalah rancunya penyebutan antara strategi pembelajaran,
pendekatan pembelajaran, metode, teknik, dan model pembelajaran di
dalam RPP yang dibuat oleh Bapak-Ibu Guru.
Berikut ini
akan saya kutipkan pengertian-pengertian dari strategi pembelajaran,
pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran dengan harapan nantinya
dalam pembuatan RPP tidak salah kaprah lagi.
STRATEGI PEMBELAJARAN
STRATEGI PEMBELAJARAN
Strategi
Pembelajaran adalah suatu pola umum pembelajaran siswa yang
tersusun secara sistematis berdasarkan prinsip-prinsip pendidikan, psikologi,
didaktik, dan komunikasi dengan mengintegrasikan struktur (urutan langkah
pembelajaran) pembelajaran, metode pembelajaran, media pembelajaran/alat
peraga, pengelolaan kelas, evaluasi, dan waktu yang diperlukan agar siswa dapat
mencapai tujuan-tujuan pemeblajaran secara efektif dan efisien
Strategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran.
Strategi terkait dengan kebijaksanaan guru dalam memilih pendekatan, metode, teknik pembelajaran, dan model pembelajaran.
MODEL
PEMBELAJARAN
Model adalah
suatu bentuk tiruan (replika) dari suatu benda yang sesungguhnya
Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuan.
Suatu contoh konseptual atau prosedural dari suatu program,sistem, atau proses yang dapat dijadikan acuan atau pedoman dalam mencapai tujuan.
Model
Pembelajaran adalah contoh pola atau struktur pembelajaran
siswa yang didesain, diterapkan, dan dievaluasi secara sistematis dalam rangka
mencapai tujuan pembelajaran.
Dalam pengertian lain Model Pembelajaran adalah suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.
Dalam pengertian lain Model Pembelajaran adalah suatu contoh bentuk pembelajaran yang tergambar dari awal sampai akhir yang disajikan secara khas oleh guru di kelas.
Dalam
model pembelajaran terdapat strategi pencapaian kompetensi siswa dengan
pendekatan, metode, dan teknik pembelajaran.
Silakan
dibaca juga :
Model pembelajaran kurikulum 2013.
Model pembelajaran kurikulum 2013.
PENDEKATAN
PEMBELAJARAN
Pendekatan adalah
suatu rangkaian tindakan yang terpola atau terorganisir berdasarkan
prinsip-prinsip tertentu (filosofis, psikologis, didaktis dan ekologis) yang
terarah secara sistematis pada tujuan-tujuan yang hendak dicapai.
Pendekatan
pembelajaran adalah suatu rangkaian tindakan pembelajaran yang
dilandasi oleh prinsip dasar tertentu (filosofis, psikologis, didaktis
dan ekologis) yang mewadahi, menginspirasi, menguatkan dan melatari metode
pembelajaran tertentu.
METODE PEMBELAJARAN
Metode
pembelajaran adalah prosedur, urutan, langkah-langkah dan
cara yang digunakan guru dalam pencapaian tujuan pembelajaran.
Metode adalah
jabaran dari pendekatan. Satu pendekakatan bisa dijabarkan ke dalam berbagai
metode pembelajaran. Metode pembelajaran merupakan prosedur pembelajaran yang
difokuskan pada pencapaian tujuan pembelajaran.
TEKNIK
PEMBELAJARAN
Teknik
Pembelajaran adalah cara-cara konkrit yang dipakai saat
proses pembelajaran berlangsung. Guru dapat berganti-ganti teknik pembelajaran
meskipun dalam koridor metode yang sama. Satu metode dapat diaplikasikan
melalui berbagai teknik pembelajaran.
Contoh
Penerapan
Pendekatan : Contextual Teaching and
Learning
Metode : Cooperative Learning
Teknik : Diskusi Kelompok, Inquiry
Kepustakaan, Tanya Jawab
Model
: Jigsaw
Pendekatan : PAKEM
Metode : Tanya Jawab
Teknik
: Siswa membuat dan menjawab pertanyaan sendiri
Model
: Snowball Throwing
Di dalam Kurikulum 2013 yang sekarang mulai
diterapkan di sebagian sekolah-sekolah piloting ada dikenal namanya istilah Pendekatan Saintifik. Secara Istilah
pengertian dari pendekatan saintifik adalah proses pembelajaran yang dirancang
sedemikian rupa agar peserta didik secara aktif mengonstruk konsep, hukum
atau prinsip melalui tahapan-tahapan mengamati (untuk mengidentifikasi atau
menemukan masalah), merumuskan masalah, mengajukan atau merumuskan hipotesis,
mengumpulkan data dengan berbagai teknik, menganalisis data, menarik kesimpulan
dan mengomunikasikan konsep, hukum atau prinsip yang “ditemukan”.
Langkah-langkah
pada Proses pembelajaran yang menggunakan pendekatan saintik sering
dikenal dengan pendekatan 5M terdiri atas lima pengalaman
belajar pokok yaitu:
a. mengamati;
b. menanya;
c. mengumpulkan informasi;
d. mengasosiasi; dan
e. mengkomunikasikan.
Kegiatan
belajar dalam mengamati antara lain : Membaca, mendengar, menyimak, melihat
(tanpa atau dengan alat).
Kegiatan
belajar dalam menanya antara lain : Mengajukan pertanyaan tentang informasi
yang tidak dipahami dari apa yang diamati atau pertanyaan untuk mendapatkan
informasi tambahan tentang apa yang diamati (dimulai dari pertanyaan faktual
sampai ke pertanyaan yang bersifat hipotetik).
Kegiatan
belajar dalam mengumpulkan informasi antara lain : melakukan eksperimen,
membaca sumber lain selain buku teks, mengamati objek/
kejadian/ aktivitas, dan wawancara dengan nara sumber.
Kegiatan
belajar dalam mengasosiasi antara lain : mengolah informasi yang sudah
dikumpulkan baik terbatas dari hasil kegiatan mengumpulkan/ eksperimen mau pun
hasil dari kegiatan mengamati dan kegiatan mengumpulkan informasi.
Pengolahan informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan antar fakta, fakta dengan konsep, konsep dengan konsep.
Pengolahan informasi yang dikumpulkan dari yang bersifat menambah keluasan dan kedalaman sampai kepada pengolahan informasi yang bersifat mencari solusi dari berbagai sumber yang memiliki pendapat yang berbeda sampai kepada yang bertentangan antar fakta, fakta dengan konsep, konsep dengan konsep.
Kegiatan
belajar dalam menyimpulkan antara lain : Menyampaikan hasil pengamatan,
kesimpulan berdasarkan hasil analisis secara lisan, tertulis, atau media
lainnya.
Demikianlah sedikit uraian tentang perbedaan istilah-istilah strategi pembelajaran, pendekatan, metode, teknik, dan model pembelajaran serta sedikit penjelasan tentang Pendekatan saintifik di dalam Kurikulum 2013. Apa yang saya tuliskan di atas sangatlah minim dan tidak lengkap. Untuk itu jika ada kekurangan, kekeliruan, ataupun ketidakjelasan silahkan disampaikan melalui kolom komentar di bawah postingan ini. Lepas dari itu semua, satu hal yang terpenting adalah adanya kemauan Bapak/Ibu Guru untuk memahami dan mengaplikasikannya dalam pembelajaran di kelas yang Bapak/Ibu guru ampu.
Untuk
Bapak/Ibu guru yang membutuhkan perangkat pembelajaran
kurikulum 2013 seperti Silabus dan RPP silahkan
menuju ke silabus dan RPP kurikulum 2013 Sudah saya
uploadkan pula modul-modul pembelajaran matematika SMA yang
masih relevan untuk digunakan dalam kurikulum 2013.
Sumber
Labels:
Serba-serbi
Thanks for reading Perbedaan Strategi, Pendekatan, Metode, Teknik dan Model Pembelajan. Please share...!