Selamat malam, salam sejahtera bagi para guru di seluruh
Indonesia. Setelah pada artikel sebelum-sebelumnya admin telah membagikan
beberapa RPP dan Silabus, kali ini admin akan membagikan Silabus
mata Pelajaran Matematika untuk jenjang Sekolah Menengah Atas (SMA) untuk Kelas
X, XI dan XII. Silabus ini diperoleh dari kegiatan workshop revisi kurikulum
2013 terbaru. Silabus ini dapat dijadikan sebagai panduan dalam
pembuatan RPP.
Semoga Silabus ini dapat membantu para Guru-Guru yang sedang membuat
rencana pembelajarannya. Silahkan Download Silabus Matemarika untuk SMA kelas
X, XI dan XII ini pada link paling bawah halaman ini. Semoga Silabus
ini dapat membantu para Guru-Guru yang sedang membuat rencana pembelajarannya.
Silahkan Download Silabus Matemarika untuk SMA kelas X, XI dan XII ini pada
link paling bawah halaman ini.
Download
Silabus Matematika SMA Kurikulum 2013 Revisi.
Kegiatan pembelajaran pada silabus ini dapat diperkaya sesuai dengan sumber daya yang ada di daerah/sekolah dan peserta didik. Didalam proses belajar mengajar, peserta didik haruslah mempunyai peran terpenting. Selain dituntut dapat menguasai pelajaran dengan baik, peserta didik juga harus menikmati proses pembelajaran. Upaya untuk menciptakan pembelajaran yang optimal, tentulah harus dimulai dari guru, oleh karena itu perlu dituntut kreativitas seorang guru dan menuntut guru untuk terus belajar dan belajar.
Dalam pelajaran matematika alangkah baiknya peserta didik diajak untuk mengobservasi lingkungan sekitar yang berhubungan dengan pelajaran yang akan dibahas. Hal ini selain untuk melatih cara berpikir peserta didik, juga berfungsi untuk membuat peserta didik lebih berminat terhadap pelajaran yang diikuti. Peserta didik juga akan tidak bosan mengikuti pelajaran karena akan melibatkan aktivitas fisik, bukan hanya mendengarkan dan memperhatikan apa yang diterangkan oleh guru.
Berikut ini adalah sebagian cuplikan isi dari file silabus Matematika SMA kelas X, XI dan XII Kurikulum 2013.
PENDAHULUAN
A. Rasional
Tema pengembangan Kurikulum 2013 adalah kurikulum yang dapat menghasilkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, inovatif, melalui penguatan sikap, keterampilan, dan pengetahuan yang terintegrasi dalam rangka mewujudkan insan Indonesia yang produktif, kreatif, dan inovatif. Oleh karena itu proses pembelajaran pada satuan pendidikan diselenggarakan secara interaktif, inspiratif, menyenangkan, menantang, dan memotivasi peserta didik untuk berpartisipasi aktif, serta memberikan ruang yang cukup bagi prakarsa, kreativitas, dan kemandirian sesuai dengan bakat, minat, dan perkembangan fisik serta psikologis peserta didik.Secara umum, pembelajaran matematika bertujuan agar peserta didik memiliki kecakapan atau kemahiran matematika. Kecakapan atau kemahiran matematika merupakan bagian dari kecakapan hidup yang harus dimiliki peserta didik terutama dalam pengembangan penalaran, komunikasi, dan pemecahan masalah (problem solving) yang dihadapi dalam kehidupan peserta didik sehari-hari.
Matematika selalu
digunakan dalam segala segi kehidupan.Semua bidang studi memerlukan
keterampilan matematika yang sesuai, merupakan sarana komunikasi yang logis,
singkat dan jelas, dapat digunakan untuk menyajikan informasi dalam berbagai
cara, meningkatkan kemampuan berpikir logis, ketelitian dan kesadaran keruangan,
memberikan kepuasan terhadap usaha memecahkan masalah yang menantang,
mengembangkan kreativitas, dan sarana untuk meningkatkan kesadaran terhadap
perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi.
Pembelajaran
matematika di SMA/MA/SMK/MAK diarahkan untuk mendorong peserta didik mencari
tahu dari berbagai sumber, mampu merumuskan masalah bukan hanya menyelesaikan
masalah sederhana dalam kehidupan sehari-hari. Disamping itu, pembelajaran
diarahkan untuk melatih peserta didik berpikir logis dan kreatif bukan sekedar
berpikir mekanistis serta mampu bekerja sama dan berkolaborasi dalam
menyelesaikan masalah.
Pembelajaran
matematika dilakukan dalam rangka mencapai kompetensi sikap spiritual, sikap
sosial, pengetahuan, dan keterampilan. Pengembangan kompetensi sikap spiritual
dan sikap sosial dilaksanakan melalui kegiatan pembelajaran tidak langsung
(Indirect Teaching).
Silabus mata pelajaran Matematika SMA/MA/SMK/MAK disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru.
Silabus mata pelajaran Matematika SMA/MA/SMK/MAK disusun dengan format dan penyajian/penulisan yang sederhana sehingga mudah dipahami dan dilaksanakan oleh guru.
Penyederhanaan format
dimaksudkan agar penyajiannya lebih efisien, tidak terlalu banyak halaman namun
lingkup dan substansinya tidak berkurang, serta tetap mempertimbangkan tata
urutan (sequence) materi dan kompetensinya. Penyusunan silabus ini dilakukan
dengan prinsip keselarasan antara ide, desain, dan pelaksanaan kurikulum; mudah
diajarkan oleh guru (teachable); mudah dipelajari oleh peserta didik
(learnable); terukur pencapainnya (measurable); dan bermakna untuk dipelajari
(worth to learn) sebagai bekal untuk kehidupan dan kelanjutan pendidikan
peserta didik.
Silabus ini bersifat
fleksibel, kontekstual, dan memberikan kesempatan kepada guru untuk
mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi
keungulan-keunggulan lokal. Atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus
mencakup kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran.
Uraian pembelajaran yang terdapat dalam silabus merupakan alternatif kegiatan
yang dirancang berbasis aktivitas. Pembelajaran tersebut merupakan alternatif
dan inspiratif sehingga guru dapat mengembangkan berbagai model yang sesuai
dengan karakteristik masing-masing mata pelajaran. Dalam melaksanakan silabus
ini guru diharapkan kreatif dalam pengembangan materi, pengelolaan proses
pembelajaran, penggunaan metode dan model pembelajaran, yang disesuaikan dengan
situasi dan kondisi masyarakat serta tingkat perkembangan kemampuan peserta
didik.
B. Kompetensi
Setelah Mempelajari
Matematika di Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah
Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:
Pendidikan matematika di sekolah diharapkan memberikan kontribusi dalam mendukung pencapaian kompetensi lulusan pendidikan dasar dan menengah melalui pengalaman belajar, agar mampu:
1.
memahami konsep dan
menerapkan prosedur matematika dalam kehidupan sehari-hari
2.
membuat generalisasi
berdasarkan pola, fakta, fenomena, atau data yang ada
3.
melakukan operasi
matematika untuk penyederhanaan, dan analisis komponen yang ada
4.
melakukan penalaran
matematis yang meliputi membuat dugaan dan memverifikasinya
5.
memecahkan masalah dan
mengomunikasikan gagasan melalui simbol, tabel, diagram, atau media lain untuk
memperjelas keadaan atau masalah
6.
menumbuhkan sikap
positif seperti sikap logis, kritis, cermat, teliti, dan tidak mudah menyerah
dalam memecahkan masalah.
Pengembangan
kurikulum Matematika ke depan diarahkan untuk meningkatkan kecakapan hidup
(life skill), terutama dalam membangun kreativitas, kemampuan berpikir kritis,
berkolaborasi atau bekerjasama dan keterampilan berkomunikasi. Selain itu,
pengembangan kurikulum matematika juga menekankan kemahiran atau keterampilan
menggunakan perangkat teknologi untuk melakukan perhitungan teknis (komputasi)
dan penyajian dalam bentuk gambar dan grafik (visualisasi), yang penting untuk
mendukung keterampilan lainnya yang bersifat keterampilan lintas disiplin ilmu
dan keterampilan yang bersifat nonkognitif serta pengembangan nilai.
Sumber
Labels:
Silabus Matematika
Thanks for reading Silabus Matematika SMA X, XI, XII K13 Revisi . Please share...!