Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 2: Grafik Fungsi Trigonometri Bentuk Y = A Sin B (X ± C) ± K

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran kedua ini diharapkan siswa dapat:

1.  Menjelaskan perubahan grafik fungsi trigonometri yang diakibatkan oleh bentuk
fungsi y = a Sin b (x ± c) ± d.

2.  Mengidentifikasi grafik fungsi trigonometri y = a sin b (x ± c) ± d.


B.   Uraian Materi

Sebagaimana telah diperoleh pada pembelajaran sebelumnya, bahwa fungsi trigonometri sinus, cosinus dan tangen adalah bentuk fungsi yang periodik. Fungsi periodic adalah fungsi yang sifatnya berulang-ulang secara teratur. Karena bersifat periodic, berarti ada periodenya.

Periode bisa kita sebut juga sebagai siklus yaitu pengulanagn hal yang sama setelah suatu selang tertentu. Fungsi y = sin x akan membentuk siklus/periode setiap 360°.
Hal ini bermakna bahwa setelah x mencapai 360
°, maka grafik fungsi y = sin x akan mengulang kembali ke awal.


Supaya lebih jelas kalian bisa melihat dari ilustrasi berikut ini!

 

1.    Grafik Fungsi Sinus
Ingat kembali bentuk fungsi y = sin x, untuk 0
°𝑥 ≤ 360° sebagai berikut:

Fungsi y = sin x mempunyai nilai maksimum di y = 1 dan nilai minimum di y = –1.
Nilai maksimum atau nilai minimum untuk y = 1, maka y = 1 disebut juga sebagai amplitude dari grafik fungsi y = sin x.
Perhatikan pula bahwa grafik fungsi y = sin x mempunyai periode sejauh 3600 untuk membentuk satu gelombang.

a.    Misalkan fungsi 𝑦2 = 2𝑦1 atau 𝑦2 = 2 sin 𝑥, 0°𝑥 ≤ 360°, maka grafik fungsi nya menjadi seperti berikut:

Berdasarkan grafik di atas, perhatikan bahwa nilai maksimum y2 = 2 sin menjadi sama dengan 2 dan nilai minimum menjadi –2. Sedangkan periode
dari y2 = 2 sin x tetap sama dengan 360
°.

b.    Misalkan fungsi 𝑦3 = –2𝑦1 atau 𝑦3 = –2 𝑠𝑖𝑛 𝑥, 0°𝑥 ≤ 360°, maka grafik fungsi nya menjadi seperti berikut:


Berdasarkan grafik diatas perhatikan bahwa nilai maksimum y3 = –2 sin menjadi sama dengan 2 dan nilai minimum menjadi –2. Sedangkan periode dari y3 = –2 sin x tetap sama dengan 3600.

                     

c.     Misalkan fungsi 𝑦4 = 𝑦1 + 2 atau 𝑦4 = sin 𝑥 + 2, 00𝑥 ≤ 3600, maka grafik fungsinya menjadi seperti berikut:

     Berdasarkan grafik fungsi trigonometri di atas, maka diperoleh bahwa nilai maksimum y5 = –2 atau nilai maksimum y5 = nilai maksimum y1 – 3 = 1 – 3 = –2.
Sedangkan nilai minimum y5 = –4 atau nilai minimum y5 = nilai minimum y1 – 3 = –1 – 3 = –4.

d.    Misalkan fungsi 𝑦5 = 𝑦1 – 3 atau 𝑦4 = sin 𝑥 – 2, 00𝑥 ≤ 3600, maka grafik fungsinya menjadi seperti berikut:

     Berdasarkan grafik fungsi trigonometri di atas, maka diperoleh bahwa nilai maksimum y5 = –2 atau nilai maksimum y5 = nilai maksimum y1 – 3 = 1 – 3 = –2.
Sedangkan nilai minimum y5 = –4 atau nilai minimum y5 = nilai minimum y1 – 3 = –1 – 3 = –4.


                

e.     Misalkan fungsi , maka grafik fungsinya menjadi seperti berikut:

Berdasarkan gambar di atas, maka dapat diperoleh bahwa fungsi y = sin x memotong sumbu -x dititik .
Sedangkan pada grafik y = Sin (x – 300) diperoleh bahwa titik potong sumbu x memenuhi untuk y = 0, maka diperoleh untuk:

i.       Sin (x – 300) = 0 atau x – 300 = 0 atau x = 300, 1500

ii.    Sin (x – 300) = 0 atau x – 300 = 1800 atau x = 2100

f.      Misalkan fungsi , maka grafik fungsinya menjadi seperti berikut:

Berdasarkan gambar di atas, maka dapat diperoleh bahwa fungsi y = sin memotong sumbu -x dititik .
Sedangkan pada grafik y = Sin (x + 300) diperoleh bahwa titik potong sumbux memenuhi untuk y = 0, maka diperoleh untuk:

i.     Sin (x + 300) = 0 atau x + 300 = 0 atau x = - 300 ,1500

ii.   Sin (x + 300) = 0 atau x + 300 = 1800 atau x = 2100


        

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Grafik Fungsi Trigonometri Bentuk Y = A Sin B (X ± C) ± K. Please share...!

Back To Top