A. Tujuan Pembelajaran
Setelah kegiatan pembelajaran 1 ini diharapkan Ananda dapat menentukan ruang sampel dari sebarang kejadian sekaligus menentukan anggota kejadian dari percobaan acak.
B. Uraian
Materi
Percobaan,
Ruang Sampel, dan Kejadian
· Percobaan (dalam
studi peluang) didefinisikan sebagai suatu proses dengan hasil dari suatu
kejadian bergantung pada kesempatan.
Ketika percobaan diulangi,
hasil-hasil yang diperoleh tidak selalu sama walaupun dilakukan dengan kondisi
yang tepat sama dan secara hati-hati. Percobaan seperti ini disebut Percobaan
Acak.
· Ruang Sampel adalah himpunan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan. Ruang
Sampel dinotasikan dengan S. Banyaknya elemen ruang sampel
dinyatakan dengan n(S).
· Kejadian atau
Peristiwa adalah himpunan bagian dari ruang sampel, biasanya
dinotasikan dengan huruf kapital seperti A, B, C, … . Banyaknya elemen kejadian
A dinyatakan dengan n(A), banyaknya elemen kejadian B dinyatakan dengan n(B),
dan sebagainya.
Contoh
1. Ketika
Ananda melakukan percobaan melambungkan sebuah koin, (coba deh ambil koinnya
kemudian perhatikan kedua sisi koin tersebut, Ananda akan melihat bagian sisi
bertuliskan nominal uangnya berapa, dan sisi lain bagian yang bergambar, bisa
gambar melati, atau gambar apapun kan...) nahh jadi hasil-hasil yang mungkin
ketika Ananda melemabungkan satu koin tersebut adalah muncul bagian gambar (G)
atau muncul bagian angka (A). Jadi, ruang sampel dari percobaan tersebut
adalah S = {G, A} dan jumlah anggotanya ruang sampel ada dua yaitu G dan
A.
2.
Dari
percobaan melambungkan sebuah dadu, tentukanlah :
a.
ruang
sampel percobaan tersebut
b.
kejadian
A, yaitu munculnya sisi dadu bermata ganjil
c.
kejadian
B, yaitu munculnya sisi dadu yang habis dibagi 3
Alternatif
Penyelesaian:
a.
hasil-hasil
yang mungkin dari percobaan melambungkan sebuah dadu adalah munculnya sisi dadu
dengan mata dadu 1, 2, 3, 4, 5 dan 6. Jadi ruang sampelnya adalah S = {1,
2, 3, 4, 5, 6} dan banyaknya elemen ruang sampel n(S) = 6
b. kejadian
munculnya sisi dadu bermata ganjil adalah A = {1, 3, 5} sehingga n(A) =
3
c. kejadian
munculnya sisi dadu yang habis dibagi 3 adalah B = {3, 6} sehingga n(B)
= 2
3. Pada
percobaan melambungkan 2 koin yang sama sekaligus, tentukan :
a.
ruang
sampel percobaan dengan tabel kemungkinan
b.
ruang
sampel percobaan dengan diagram pohon
c.
kejadian
E, yaitu munculnya angka dan gambar.
Alternatif Penyelesaian:
a. ruang
sampel percobaan dengan tabel kemungkinan
Ruang sampel dari
percobaan melambungkan 2 koin yang sama sekaligus adalah: S = { AA, AG, GA, GG}
b. ruang
sampel percobaan dengan diagram pohon
Ruang sampel yang
diperoleh dari diagram pohon adalah: S = {AA, AG, GA, GG}
c. kejadian
E, yaitu munculnya angka dan gambar.
Dari tabel ataupun
diagram pohon diperoleh kejadian munculnya angka dan gambar adalah E = {AG, GA}
C. Rangkuman
· Percobaan (dalam
studi peluang) didefinisikan sebagai suatu proses dengan hasil dari suatu
kejadian bergantung pada kesempatan. Ketika percobaan diulangi, hasil-hasil
yang diperoleh tidak selalu sama walaupun dilakukan dengan kondisi yang tepat
sama dan secara hati-hati. Percobaan seperti ini disebut Percobaan Acak.
· Ruang Sampel adalah himpunan dari semua hasil yang mungkin dari suatu percobaan. Ruang
Sampel dinotasikan dengan S. Banyaknya elemen ruang sampel
dinyatakan dengan n(S).
· Kejadian atau
Peristiwa adalah himpunan bagian dari ruang sampel, biasanya
dinotasikan dengan huruf kapital seperti A, B, C, … . Banyaknya elemen kejadian
A dinyatakan dengan n(A), banyaknya elemen kejadian B dinyatakan dengan n(B),
dan sebagainya.
“Sumber Informasi”
Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 1: Percobaan, Ruang Sampel Dan Kejadian Latihan. Please share...!