Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 4 Operasi Vektor Pada Bangun Ruang

A. Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 4 ini diharapkan Anda dapat:

1.     Menentukan hasil kali suatu vektor pada bangun ruang dengan skalar.

2.     Menentukan hasil penjumlahan vektor-vektor pada bangun ruang.

3.     Menentukan selisih dua vektor pada bangun ruang.

4.     Menentukan perbandingan vektor.

5.     Menentukan perkalian skalar dua vektor pada bangun ruang bila diketahui komponen-komponennya.

6.     Menentukak proyeksi ortogonal suatu vektor pada vektor Lain.

 

B. Uraian Materi

Hasil Kali Vektor dengan Skalar pada Bangun Ruang

Seperti telah Anda pelajari pada kegiatan pembelajaran 2, hasil kali vektor dengan skalar sekarang kita kembangkan pada bangun ruang. Anda akan menggunakan pemahaman Anda tentang vektor dan skalar di kegiatan belajar ini. Vektor dapat dioperasikan dengan skalar. Karena skalar merupakan bilangan, maka perkalian vektor dengan skalar hanya akan berpengaruh pada besar vektor saja sedangkan arah vektor tetap.

Hasil kali vektor  dengan skalar 2 akan menghasilkan vektor dengan besar 2 kalinya sedangkan arahnya tetap. Secara umum, hasil kali vektor dengan skalar n akan menghasilkan vektor yang besarnya n kali besar  dan arahnya sama dengan  bila n positif dan berlawanan arah  bila n negatif.

Jadi, hasil kali vektor  dengan skalar n adalah .

Contoh 1:

Penjumlahan Vektor pada Bangun Ruang

Pada dasarnya penjumlahan vektor pada bangun ruang sama dengan penjumlahan vektor pada bidang datar, menggunakan aturan segitiga atau aturan jajargenjang. Hanya saja komponen vektor yang ditambahkan menjadi lebih banyak satu komponen.

Secara umum jika dua  adalah vektor-vektor tidak nol, maka :

          

Contoh 2:

Hitunglah jumlah dari dua buah vektor berikut.

Alternatif Penyelesaian :

Contoh 3:

Seorang pendaki gunung memulai pendakian gunung dari kaki gunung yang dapat dinyatakan sebagai posisi/koordinat O(0,0,0). Dari titik O pendaki gunung tersebut menuju lokasi P yang berkedudukan 5 km ke arah timur, 4 km ke arah utara dan 3 km ke atas. Dari lokasi P dia melanjutkan perjalanan ke lokasi Q yang berkedudukan 4 km ke arah timur, 1 km ke arah selatan dan 3 km ke atas. Di manakah kedudukan pendaki gunung tersebut apabila di lihat dari posisi mula-mula (lokasi O(0,0,0))?

Alternatif penyelesaian:

Dari lokasi mula-mula ke lokasi P dapat dinyatakan sebagai vektor .

Lokasi titik P adalah 5 km ke arah timur, 4 km ke arah utara dan 3 km ke atas dan dinyatakan dalam bentuk vektor kolom: .

Dari lokasi P ke lokasi Q dapat dinyatakan sebagai vektor  

Kedudukan pendaki gunung dilihat dari lokasi mula-mula adalah :

Ini berarti bahwa pendaki gunung tersebut terletak 9 km ke arah timur, 3 km ke arah utara, dan pada ketinggian 6 km dari kedudukan mula-mula.


 “Sumber Informasi”

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 4 Operasi Vektor Pada Bangun Ruang. Please share...!

Back To Top