Bentuk Umum pertidaksamaan kuadrat adalah ax2 + bx + c < 0 atau ax2 + bx + c > 0 atau ax2 + bx + c = 0 atau ax2 + bx + c ≥ 0. Penyelesaiannya berupa interval berhingga atau interval tak hingga dengan aturan sebagai berikut:
Jika p dan q adalah akar-akar dari persamaan ax2
+ bx + c = 0, maka p dan q merupakan batas-batas interval penyelesaian pertidaksamaan
kuadrat tersebut.
Jika D =
b2 – 4ac merupakan diskriminannya, maka
penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dapat dijelaskan sebagai berikut:
Untuk
diskriminan positif (D > 0), maka akan terdapat dua titik batas
interval, yakni p dan q sehingga penyelesaian pertidaksamaan
kuadrat dapat dibantu dengan sketsa grafik fungsi kuadrat berikut:
· ax2 + bx + c < 0 penyelesaiannya p < x < q
· ax2 + bx + c ≤ 0
penyelesaiannya p ≤ x ≤ q
· ax2 + bx + c > 0
penyelesaiannya x < p atau x > q
· ax2 + bx + c ≥ 0
penyelesaiannya x ≤ p atau x ≥ q.
· ax2 + bx + c < 0
penyelesaiannya x < p atau x > q
· ax2 + bx + c ≤ 0 penyelesaiannya
x ≤ p atau x ≥ q
· ax2 + bx + c > 0
penyelesaiannya p < x < q
· ax2 + bx + c ≥ 0
penyelesaiannya p ≤ x ≤ q
Untuk diskriminan nol (D = 0), maka akan terdapat satu titik batas interval, misalkan p (p = q) sehingga penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dapat dibantu dengan sketsa grafik fungsi kuadrat berikut.
· ax2 + bx + c < 0
penyelesaiannya p < x < p atau tidak ada nilai x
yang memenuhi
· ax2 + bx + c ≤ 0
penyelesaiannya p ≤ x ≤ p atau x = p
· ax2 + bx + c > 0
penyelesaiannya x < p atau x > p atau x
memenuhi semua bilangan real kecuali p
· ax2 + bx + c ≥ 0
penyelesaiannya x ≤ p atau x ≥ p atau x
memenuhi semua bilangan real
· ax2 + bx + c < 0
penyelesaiannya x < p atau x > p atau x
memenuhi semua bilangan real kecuali p
· ax2 + bx + c ≤ 0 penyelesaiannya
x ≤ p atau x ≥ p atau x memenuhi semua
bilangan real
· ax2 + bx + c > 0
penyelesaiannya p < x < p atau tidak ada nilai x
yang memenuhi
· ax2 + bx + c ≥ 0
penyelesaiannya p ≤ x ≤ p atau x = p
Untuk diskriminan negatif (D < 0), maka tidak terdapat titik batas interval, sehingga penyelesaian pertidaksamaan kuadrat dapat dibantu dengan sketsa grafik fungsi kuadrat berikut.
· ax2 + bx + c < 0
penyelesaiannya tidak ada nilai x yang memenuhi
· ax2 + bx + c ≤ 0
penyelesaiannya tidak ada nilai x yang memenuhi
· ax2 + bx + c > 0
penyelesaiannya memenuhi semua bilangan real x
· ax2 + bx + c ≥ 0
penyelesaiannya memenuhi semua bilangan real x
· ax2 + bx + c < 0
penyelesaiannya memenuhi semua bilangan real x
· ax2 + bx + c ≤ 0
penyelesaiannya memenuhi semua bilangan real x
· ax2 + bx + c > 0
penyelesaiannya tidak ada nilai x yang memenuhi
· ax2 + bx + c ≥ 0
penyelesaiannya tidak ada nilai x yang memenuhi.
Adapun Langkah-langkah penyelesaian pertidaksamaan adalah
sebagai berikut :
(1)
Ubah ruas kanan pertidaksamaan menjadi 0
(2)
Tentukan batas-batas intervalnya, yaitu
akar-akar persamaan kuadratnya
(3)
Nyatakan dalam garis bilangan atau
gambar grafiknya
(4)
Tentukan interval penyelesaiannya
Untuk lebih jelasnya akan diuraikan dalam contoh soal
berikut:
1. Tentukanlah interval penyelesaian pertidaksamaan berikut ini :
a. x2 – 8x + 16 > 0
b. x2 + 10x + 25 < 0
Jawab
a. x2 – 8x + 16 > 0
(x – 4)(x – 4) > 0
x = 4
x < 4 atau x > 4
Atau nilai x memenuhi untuk semua bilangan real kecuali 4.
b. x2 + 10x + 25 < 0
(x + 5)(x + 5) > 0
x = –5
–5 < x < –5
Atau tidak ada nilai x yang memenuhi.
2.
Sebuah perusahaan sepatu memproduksi dan
menjual berbagai model sepatu. Untuk satu model sepatu tertentu diperkirakan
dijual seharga a rupiah. Jika dalam satu minggu dikeluarkan biaya sebesar M
rupiah dan pendapatan yang diterima P rupiah serta dirumuskan M =
2.000.000 – 40.000a dan P = 20.000a – 400a2 maka berapa batas harga
sepatu persatuan harus dijual agar memperoleh keuntungan ?
Jawab
Agar mendapat keuntungan maka :
P > M
20000a – 400a2 > 2000000 – 40000a
20000a – 400a2 – 2000000 + 40000a > 0
–400a2 + 60000a – 2000000 > 0
a2 – 150a + 5000 < 0
(a – 100)(a – 50) < 0
Batas interval a1 = 100 dan a2 = 50
Jadi interval harga sepatu adalah : 50 < a < 100
3.
Kiper Kevin menendang bola yang sudah
ditangkapnya. Tinggi bola h, dalam meter, t detik setelah ditendang membentuk
persamaan h = –3t2 + 18t. Kapan bola mencapai ketinggian
lebih dari 24 m?
Jawab
h > 24
–3t2 + 18t > 24
–3t2 + 18t – 24 > 0
3t2 – 18t + 24 < 0
t2 – 6t + 8 < 0
(t – 4)(t – 2) < 0
t1 = 4 dan t2 = 8
maka 4 < t < 8
Jadi
bola mencapai ketinggian lebih dari 24 m pada waktu antara 4 sampai 8
detik.
Sumber
Thanks for reading Pertidaksamaan Kuadrat. Please share...!