Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 4 Dilatasi

A.   Tujuan Pembelajaran

Anak-anak setelah kegiatan pembelajaran 4 ini kalian diharapkan dapat :
1. Memahami pengertian dilatasi,
2. Menentukan dilatasi titik pada pusat (0, 0),
3. Menentukan dilatasi kurva pada pusat (0, 0),
4. Menentukan dilatasi titik pada pusat (
π‘Ž, 𝑏),
5. Menentukan dilatasi kurva pada pusat (
π‘Ž, 𝑏).

B.   Uraian Materi

Pengertian Dilatasi
Pernahkan kalian mencetak foto atau pasfoto? Bisaanya ketika mencetak pasfoto kita diminta menyebutkan ukuran seperti 2 × 3, 3 × 4 ataupun 4 × 6. Mencetak pasfoto dalam berbagai ukuran yaitu memperbesar atau memperkecil merupakan salah satu contoh dilatasi dalam kehidupan sehari-hari. Anak-anakku, untuk lebih memahami apa itu dilatasi, coba amati gambar 17 berikut. Apa yang dapat kalian ceritakan mengenai transformasi segitiga ABC? Bagaimana transformasi yang terjadi?

Anak-anakku, jika kita amati segitiga ABC pada gambar 17, segitiga ABC akan semakin besar dengan perkalian skala 3. Kemudian, jarak 𝑂𝐴′ adalah tiga kali jarak 𝑂𝐴, jarak 𝑂𝐡′ adalah tiga kali jarak 𝑂𝐡, jarak 𝑂𝐢′ adalah tiga kali jarak 𝑂𝐢. Tetapi ketika segitiga ABC dikalikan dengan faktor skala -1 menghasilkan besar dan ukuran yang sama tetapi mempunyai arah yang berlawanan. Perhatikan juga jarak 𝑂𝐴′′ sama dengan jarak 𝑂𝐴, jarak 𝑂𝐡′′ sama dengan jarak 𝑂𝐡, dan jarak 𝑂𝐢′′ sama dengan jarak 𝑂𝐢.

Berdasarkan uraian diatas, dapat disimpulkan :

Dilatasi adalah transformasi yang mengubah jarak titik-titik dengan faktor pengali tertentu terhadap suatu titik tertentu. Faktor pengali tertentu disebut faktor dilatasi atau faktor skala dan titik tertentu disebut pusat dilatasi.

Bangun yang diperbesar atau diperkecil (dilatasi) dengan skala π‘˜ dapat mengubah ukuran atau tetap ukurannya tetapi tidak mengubah bentuk.

       Jika π‘˜ > 1 maka bangun akan diperbesar dan terletak searah terhadap sudat dilatasi dengan bangun semula,

       Jika π‘˜ = 1 maka bangun tidak mengalami perubahan ukuran dan letak

       Jika 0 < π‘˜ < 1 maka bangun akan diperkecil dan terletak searah terhadap pusat dilatasi dengan bangun semula,

      Jika 1 < π‘˜ < 0 maka bangun akan diperkecil dan terletak berlawanan arah terhadap pusat dilatasi dengan bangun semula,

       Jika π‘˜1 maka bangun tidak akan mengalami perubahan bentuk dan ukuran dan terletak berlawanan arah terhadap pusat dilatasi dengan bangun semula.,

       Jika π‘˜1 maka bangun akan diperbesar dan terletak berlawanan arah terhadap pusat dilatasi dengan bangun semula.

 

Dilatasi terhadap Titik Pusat (𝟎, 𝟎)

Bentuk dilatasi terhadap titik pusat 𝑂(0, 0) dapat diamati pada gambar 18. Titik 𝐴(π‘₯, 𝑦) didilatasikan dengan faktor skala π‘˜ terhadap titik pusat 𝑂(0, 0) menghasilkan titik 𝐴′(π‘₯′, 𝑦′).

Dilatasi titik 𝐴 pada gambar 18 dapat dituliskan sebagai berikut.

Titik (π‘₯, 𝑦) didilatasikan dengan faktor skala π‘˜ terhadap titik pusat (0, 0) menghasilkan bayangan titik (π‘₯′, 𝑦′) dalam persamaan matriks dapat dituliskan sebagai berikut.

Anak-anakku, untuk lebih memahami konsep dilatasi terhadap titik pusat 𝑂(0,0) yuk kita simak contoh soal berikut.

 

Contoh

Tentukan bayangan titik 𝐴(2, 4) setelah didilatasikan terhadap pusat 𝑂(0,0) dan faktor skala 3 !

Alternatif Penyelesaian:

Titik 𝐴(2, 4) akan didilatasikan oleh 𝐷[𝑂,3] dapat ditulis.

Jadi, bayangan titik 𝐴 setelah didilatasi oleh 𝐷[𝑂,3] adalah 𝐴′(6, 12).

Contoh

Garis 𝑔 2π‘₯ + 4𝑦  3 = 0 didilatasikan dengan faktor skala 2 terhadap titik pusat (0, 0). Persamaan garis 𝑔 setelah didilatasi adalah …

Alternatif Penyelesaian:

Misalkan titik 𝐴(π‘₯, 𝑦) memenuhi persamaan garis 𝑔: 2π‘₯ + 4𝑦 - 3 = 0.

Berdasarkan kesamaan dua matriks diperoleh.

Substitusi x = – ½ x'  dan 𝑦 = – ½ 𝑦′ ke persamaan garis 𝑔: 2π‘₯ + 4𝑦 – 3 = 0 sehingga diperoleh.



Jadi, persamaan garis
𝑔 setelah didilatasi adalah 𝑔′: π‘₯ + 2𝑦 + 3 = 0.

 

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 4 Dilatasi. Please share...!

Back To Top