Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 2: Metode Penyelesaian Dan Penerapan SPLTV - 1

2. Penerapan SPLTV

Peserta didik sekalian, bagaimana penjelasan tentang ketiga metode untuk menyelesaikan SPLTV? Cukup mudah bukan? Setelah kalian mempelajari tiga metode tersebut, maka kita boleh menggunakan ketiganya untuk menyelesaikan masalah kontekstual dalam kehidupan sehari-hari terkait dengan SPLTV. Untuk itu silahkan kalian mencermati ilustrasi dan pembahasan berikut.

Contoh:

Di sebuah Puskesmas terdapat beberapa map untuk administrasi kegiatan Posyandu. Dari beberapa map tersebut, terdapat sebuah map berisi 12 Kartu Menuju Sehat (KMS) yang berwarna merah, kuning dan hijau untuk satu kali kegiatan Posyandu. Kartu merah untuk bayi usia 0 – 6 bulan, kartu kuning untuk bayi usia 6 – 12 bulan, sedangkan kartu hijau untuk usia 1 – 2 tahun. Dua kali kartu merah dikurangi satu kartu kuning kemudian ditambah satu kartu hijau sama dengan 6. Tiga kali kartu merah ditambah dua kali kartu kuning dan dikurangi satu kali kartu hijau sama degan 8. Berapakah jumlah bayi usia 0 – 6 bulan, 6 – 12 bulan, dan 1 – 2 tahun pada kegiatan Posyandu tersebut? Setiap bayi yang datang ke Posyandu harus diberi vaksin. Jika vaksin yang tersedia untuk bayi usia 0 – 6 bulan, bayi usia 6 – 12 bulan, dan 1 – 2 tahun masing-masing berjumlah 10 buah, maka berapakah masing-masing sisa vaksin yang tidak digunakan dalam kegiatan Posyandu untuk bayi usia 0 – 6 bulan, bayi usia 6 – 12 bulan, dan 1 – 2 tahun?

Alternatif Penyelesaian:

Misalkan:   x = kartu merah
                   y = kartu kuning

                   z = kartu hijau

Dari permisalan diperoleh SPLTV:

          

Eliminasi variabel z dari persamaan (1) dan (2)
                   x + y + z = 12
                 2xy + z =   6  _ 

                   
 x + 2y = 6                    … (4)


Eliminasi variabel z dari persamaan (1) dan (3) atau (2) dan (3). Misal dipilih persamaan (2) dan (3), maka:
                     2xy + z = 6
                   3x + 2yz = 8   +
                           5x + y = 14            … (5)

Eliminasi persamaan (4) dan (5)
                   
x + 2y = 6  x1  x + 2y = 6
                   5x + y   = 14x210x + 2y = 28  _
                                                       
11x22
                                                             x = 2
Nilai x = 2 disubstitusi ke persamaan (4) atau (5). Misal dipilih persamaan (5), maka:
                    5x + y = 14
                   5.2 + y = 14
                            y = 14 – 10
                            y = 4
Nilai x = 2 dan y = 4 disubstitusi ke (1), (2), atau (3). Misal dipilih persamaan (1), maka:
                   x + y + z = 12
                   2 + 4 + z = 12
                               z = 12 – 6 = 6

 

Dari langkah-langkah penyelesaian di atas diperoleh x = 2, y = 4, dan z = 6. Jika dikembalikan ke permisalan diperoleh:
Jumlah kartu merah adalah 2
Jumlah kartu kuning adalah 4
Jumlah kartu hijau adalah 6.
Oleh karena itu dapat disimpulkan bahwa pada kegiatan Posyandu terdapat:
Jumlah bayi usia 0 – 6 bulan: 2 orang
Jumlah bayi usia 6 – 12 bulan: 4 orang
Jumlah bayi usia 1 – 2 tahun: 6 orang

Lalu bagaimana menentukan banyaknya vaksin yang tersisa? Untuk mencari banyaknya vaksin yang tersisa adalah sebagai berikut.
Banyaknya vaksin masing-masing ada 10 buah, jadi banyaknya vaksin yang tersisa adalah sebagai berikut.
Sisa vaksin untuk bayi usia 0 – 6 bulan = 10 – 2 = 8
Sisa vaksin untuk bayi usia 6 – 12 bulan = 10 – 4 = 6
Sisa vaksin untuk bayi usia 1 – 2 tahun = 10 – 6 = 4

Bagaimana peserta didik sekalian? Mudah bukan? Apakah di antara kalian masih ada yang kesulitan memahami metode untuk menentukan penyelesaian permasalahan kontekstual dalam kehidupan sehari-hari terkait SPLTV? Jika iya, kalian dapat membaca kembali dan memahami satu per satu penjelasan yang telah diuraikan.

Contoh:
Tentukan himpunan penyelesaian x, y dan z dari sistem persamaan linear tiga variable

          

Alternatif Jawaban:


3xy + 2z = 15             … (1)
2x + y + z = 13               … (2)
3x + 2y + 2z = 24           … (3)
Langkah pertama, Gunakan metode eliminasi terhadap salah satu persamaan terlebih dahulu.
Eliminasi persamaan (1) dan (2) :
3xy + 2z = 15x13xy + 2z    = 15
2x + y + z   = 13x24x + 2y + 2z = 26     _
                                            x – 3y = –11              … (4)
Eliminasi persamaan (2) dan (3) :
2x + y + z     = 13x24x + 2y + 2z = 26
3x + 2y + 2z = 24x13x + 2y + 2z = 24 _
                                                       x = 2                 … (5)

Langkah kedua, Karena dari persamaan (5) sudah didapatkan nilai x, sekarang tinggal menggunakan metode substitusi terhadap persamaan (4)
         
   x – 3y = –11

–(2) – 3y = –11

        – 3y = –11 + 2

           3y = 9

   y = 3

 

Langkah ketiga, karena sudah didapatkan nilai x dan y. Langsung saja disubtitusikan nilai x dan y pada salah satu persamaan 1, 2, atau 3 untuk mengetahui nilai z:

Substitusi nilai y ke persamaan (2) :
   2x + y + z = 13
2(2) + 3 + z = 13
     4 + 3 + z = 13

           7 + z = 13

                 z = 13 – 7

                 z = 6

 

 

Maka himpunan penyelesaian dari sistem persamaan linear tersebut adalah {(2, 3, 6)}.

Apakah kalian sudah memahami penjelasan dari kedua contoh yang ada? Ada perbedaan model soal dari contoh pertama dan kedua. Pada contoh pertama soal berbentuk cerita dan bentuk persamaan linear tiga variabelnya belum ada. Jadi kita harus membuat persamaannya terlebih dahulu. Hal ini berbeda dengan contoh kedua, di mana bentuk persamaan linear tiga variabelnya sudah ada. Sehingga kita tidak perlu membuat persamaan linear tiga variabelnya dan dapat langsung menyelesaikan dengan menggunakan metode yang ada. Menurut kalian profesi apa dalam kehidupan sehari-hari yang sering menggunakan penerapan SPLTV ini? Mengapa?

C.   Rangkuman

 

1.    Terdapat tiga metode untuk menyelesaikan sistem persamaan linear tiga variabel pada kegiatan pembelajaran kali ini, yaitu: metode subtitusi, metode eliminasi, dan metode eliminasi – substitusi.

2.    Secara umum, langkah-langkah penyelesaian masalah kontekstual yang berkaitan dengan sistem persamaan linear tiga variabel adalah sebagai berikut:

·    Menyelesaikan model matematika dengan menggunakan metode penyelesaian dan operasi aljabar secara tepat.

·    Menafsirkan dan memeriksa kesesuaian dan masuk akalnya jawaban dari model matematika terhadap masalah semula, untuk mendapat solusi dari masalah.

 

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Metode Penyelesaian Dan Penerapan SPLTV - 1. Please share...!

Back To Top