Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 2: Fungsi Invers

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini diharapkan peserta didik dapat :

a.     Memahami operasi invers pada fungsi invers

b.     Memahami sifat-sifat operasi invers pada fungsi invers

c.     Menyelesaikan masalah yang berkaitan dengan invers pada suatu fungsi.

 

B.   Uraian Materi

Masih ingatkah Kalian waktu kecil dulu orangtua Kalian atau guru TK mengajarkan bagaimana cara memakai sepatu atau melepas sepatu. Biasanya dimulai dengan mengambil sepatu dari rak sepatu, memasang kaos kaki, memasukkan kaki dan mengikat tali sepatu. Ketika belajar membuka sepatu, dimulai dengan membuka tali sepatu, mengeluarkan kaku, membuka kaos kaki dan meletakkan sepatu pada tempat penyimpanan sepatu. Proses memakai sepatu dan membuka sepatu tergambar pada diagram berikut:

Kegiatan memakai sepatu dan melepas sepatu tersebut merupakan kegiatan yang berkebalikan, dalam matematika sering dinamakan invers.
Sekarang perhatikan contoh kontekstual yang terkait dengan invers fungsi berikut:

 

Contoh 1:

Seorang pedagang kain memperoleh keuntungan dari hasil penjualan setiap x potong kain sebesar f(x) rupiah. Nilai keuntungan yang diperoleh mengikuti fungsi f(x) = 500x + 1.000, dimana x banyak potong kain yang terjual.

a.    Jika dalam suatu hari pedagang tersebut mampu menjual 50 potong kain, berapa keuntungan yang diperoleh?

b.    Jika keuntungan yang diharapkan sebesar Rp100.000,00 berapa potong kain yang harus terjual?

c.     Jika A merupakan daerah asal (domain) fungsi f dan B merupakan daerah hasil (range) fungsi f, gambarkanlah permasalahan butir (a) dan butir (b) di atas.

Alternatif Penyelesaian:

Keuntungan yang diperoleh mengikuti fungsi f(x) = 500x + 1.000, untuk setiap x potong kain yang terjual.

a.    Penjualan 50 potong kain, maka x = 50 dan nilai keuntungan yang diperoleh adalah f(x) = 500x + 1000 untuk x = 50 berarti f(50) = (500 × 50) + 1.000
      = 25.000 + 1.000
      = 26.000
Jadi, keuntungan yang diperoleh dalam penjualan 50 potong kain sebesar Rp26.000,00.

b.    Agar keuntungan yang diperoleh sebesar Rp 100.000,00, maka banyaknya kain yang harus terjual adalah f(x) = 500x + 1000
100.000 = 500x + 1000
     500x = 100.000 – 1.000
     500x = 99.000
           


Jadi, banyaknya kain yang harus terjual adalah 198 potong.

 

c.     Jika A merupakan daerah asal fungsi f dan B merupakan daerah hasil fungsi f,
maka permasalahan butir (a) dan butir (b) di atas digambarkan seperti berikut

Berdasarkan Gambar 2.2 di atas, maka dapat dikemukakan beberapa hal sebagai berikut.

(a)   Gambar 2.2 (i) menunjukkan bahwa fungsi f memetakan A ke B, dapat ditulis
f: AB.

(b)  Gambar 2.2 (ii) menunjukkan bahwa -1 memetakan B ke A, dapat ditulis
-1: BA, dimana f -1 merupakan fungsi invers f

(c)   Gambar 2.2 (iii) menunjukkan bahwa untuk nilai x = 50, maka akan dicari nilai f(x)

(d)  Gambar 2.2 (iv) menunjukkan kebalikan dari Gambar 2.2 (iii), yaitu mencari nilai x jika diketahui nilai f(x) = 100.000.

 

Dari contoh di atas, dapat dikatakan bahwa untuk mencari nilai π‘₯ adalah merupakan pembahasan invers suatu fungsi.
Secara umum invers dari suatu fungsi dapat dijelaskansebagai berikut.
Misalkan
𝑓 suatu fungsi dari 𝐴 ke dalam 𝐡 dan misalkan untuk suatu π‘Ž 𝐴 petanya adalah (π‘Ž) = 𝑏 𝐡, maka invers dari b (dinyatakan dengan 𝑓-1(𝑏)) adalah elemenelemen dalam 𝐴 yang memiliki 𝑏 𝐡 sebagai petanya.
Secara singkat, jika
𝑓 𝐴B sedemikian hingga 𝑓 π‘₯f (x) maka yang dimaksud dengan invers fungsi 𝑏 adalah:

𝑓-1(𝑏) = {π‘₯|π‘₯ 𝐴, 𝑓(π‘₯) = 𝑏}
(Notasi f-1 dibaca “f invers”)

Contoh 2:

Misalkan 𝑓: 𝐴𝐡 didefinisikan sebagaimana diagram panah berikut :

Alternatif Penyelesaian:

Dari diagram (i):                      Dari diagram (ii):

f(a) = z                                     -1(z) = a
f(b) = x                                    
-1(x) = b
f(c) = y                                    
-1(y) = c

Jadi f : A → B adalah f = {(a, z), (b, x), (c, y)} dan -1 : B → A adalah -1 = {(x, b), (y, c), (z, a)}.

 

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Fungsi Invers. Please share...!

Back To Top