Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Kegiatan Pembelajaran 2: Rasio/Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku

A.   Tujuan Pembelajaran

Setelah kegiatan pembelajaran 2 ini kalian diharapkan dapat:

1.    Memahami rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecan dan cotangen) pada segitiga siku-siku.

2.    Menghitung rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, secan, cosecant dan cotangen) pada segitiga siku-siku.

3.    Menyelesaikan masalah menggunakan rasio/perbandingan trigonometri (sinus, cosinus, tangen, cosecan, secan, dan cotangen).

 

B.   Uraian Materi

Jika Kalian perhatikan lingkungan sekitar kita, banyak benda atau bangunan memiliki sudut atau pojok tertentu. Bentuk-bentuk sudut dari benda di alam terbentuk dengan sendirinya, seperti sudut dahan dengan ranting, lekukan batuan, dan sebagainya. Bentuk sudut ada yang sengaja dirancang seperti penggaris berbentuk segitiga, sudut antara dua ruas jalan yang bersilangan, sudut yang terbentuk antara jarum pendek dan jarum panjang dari sebuah jam dinding, bentuk permukaan buku. Model atap rumah biasanya dibuat dengan sudut atau pojok sesuai kebutuhan. Titik sudut sebuah buku biasanya tegak lurus, sedangkan atap rumah sudutnya lebih kecil.

Ilmu ukur sudut dipelajari secara khusus dalam trigonometri yang mengkaji hubungan antara sisi dan sudut dalam suatu segitiga dan sifat-sifat serta aplikasinya dalam berbagai bidang seperti penaksiran tinggi bangunan atau pohon, jarak mendatar puncak gunung terhadap lembahnya, dan sebagainya.

Pada peradaban kehidupan kita, kajian mengenai trigonometri sudah tercermin dari berbagai ikon kehidupan mereka. Misalnya, para arsitekturnya, sudah menerapkan kesetimbangan bangunan pada rumah adat yang mereka ciptakan, sebagai contoh rumah adat Aceh. Rumah adat tersebut berdiri kokoh sebagai hasil hubungan yang tepat antara besar sudut yang dikaitkan dengan panjang sisi-sisinya.

 

 

Pada pembelajaran II ini kita akan mempelajari konsep perbandingan trigonometri pada segitiga siku-siku.

 

Perbandingan Trigonometri Suatu Sudut Pada Segitiga Siku-Siku

Perhatikan gambar. Segitiga ABC merupakan segitiga siku-siku dengan titik sudut siku-siku di C. Panjang sisi di hadapan sudut A adalah a satuan, panjang sisi di hadapan sudut B adalah b satuan, dan panjang sisi di hadapan sudut C adalah c satuan.

Pada gambar, diketahui ÐBAC = a. Sisi BC = a disebut sisi di depan sudut a, sisi AC = b disebut sisi di samping sudut a, dan sisi AB = c disebut sisi miring (hipotenusa). Dari ketiga sisi segitiga siku-siku ABC tersebut, dapat ditentukan perbandinga-perbandingan trigonometri sebagai berikut.

Definisi : Perbandingan Trigonometri pada Segitiga Siku-Siku



Catatan :
Untuk selanjutnya, penulisan sinus dan cosinus disingkat sin dan cos, penulisan tangen dan cotangen disingkat tan dan cot, penulisan secan dan cosecan disingkat sec dan cosec (atau csc).

Berdasarkan definisi di atas, dapat diturunkan rumus-rumus dasar trigonometri berikut ini.

Contoh 1:

Diketahui segitiga ABC siku-siku di C dengan panjang sisi a = 5 satuan dan panjang sisi b = 2 satuan. Jika ÐBAC = a, tentukanlah nilai keenam perbandingan trigonometri untuk sudut a.

Alternatif Penyelesaian:

Nilai c dihitung dengan menggunakan teorema Pythagoras:

          

Jadi, nilai perbandingan trigonometri sudut a adalah:

Contoh 2:

Diketahui cos a° = ½ dan a° sudut lancip (0° < a° < 90°). Carilah nilai perbandingan trigonometri sudut a° yang lain …

Alternatif Penyelesaian:

Gambarlah segitiga siku-siku ABC sehingga nilai perbandingan trigonometri cos a° = ½

Nilai a dicari dengan menggunakan teorema Pythagoras:

          

Jadi, nilai perbandingan trigonometri sudut a yang lain adalah:

 

Sumber

Labels: Matematika

Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 2: Rasio/Perbandingan Trigonometri Pada Segitiga Siku-Siku. Please share...!

Back To Top