A. Tujuan Pembelajaran
Anak-anak
setelah kegiatan pembelajaran 1 ini kalian diharapkan dapat :
1.
Memahami
pengertian translasi,
2.
Menentukan
translasi pada titik,
3. Menentukan translasi pada kurva.
B. Uraian Materi
Pengertian
Translasi
Anak-anak,
pernahkan kalian mengamati objek atau benda-benda yang bergerak di sekitar
kalian? seperti kendaraaan yang berjalan di jalan raya, pesawat yang melintas
di udara, eskalator yang bergerak atau diri kita sendiri yang bergerak kemana
saja. Kegiatan tersebut menyebabkan benda atau objek mengalami perubahan posisi
tanpa mengubah bentuk dan ukuran. Yuk kita memahami konsep translasi dengan
menyelesaikan Masalah 1.1 dan Masalah 1.2.
Masalah 1.1
Ayu ingin berangkat ke sekolah. Jika Ayu berangkat dari rumah
maka untuk sampai ke sekolah ayu harus berjalan 7 satuan ke arah barat dan
berjalan 5 satuan ke arah selatan. Coba kamu sketsa pergerakan Ayu pada bidang cartesius.
Dapatkah kamu menemukan proses pergerakan Ayu dari rumah menuju sekolah?
Anak-anakku, untuk mempermudah memahami konsep translasi kita bias menggunakan pendekatan
bidang Cartesius. Kita dapat mengasumsikan untuk pergeseran ke kanan pada
bidang cartesius merupakan sumbu X positif, pergeseran ke kiri merupakan
sumbu X negatif, pergeseran ke atas merupakan sumbu Y positif dan
pergeseran ke bawah merupakan sumbu Y negatif.
Jika Masalah
1.1 kita sajikan dalam bidang Cartesius maka diperoleh gambar 2. Yuk kita perhatikan
gambar 2 !
Jika kita
melihat posisi rumah Ayu pada bidang Cartesius berada pada koordinat (3, 2). Untuk
menuju ke sekolah Ayu harus berjalan ke arah barat 7 satuan artinya posisi Ayu bergeser
7 satuan ke kiri dari posisi rumah pada bidang Cartesius. Selanjutnya Ayu harus
berjalan lagi ke arah selatan 5 satuan artinya posisi Ayu bergeser 5 satuan ke
bawah. Jika kita melihat pada bidang Cartesius pada saat tiba di sekolah posisi
Ayu berada pada koordinat(-4, -3). Hal ini berarti,
Jadi, posisi
Ayu di sekolah terletak pada koordinat (-4, -3).
Masalah 1.2
Bimo akan memindahkan lukisan pada dinding dengan menggeser
ke kanan sejauh 4 satuan dan ke atas sejauh 3 satuan. Coba kamu sketsa
pergerakan lukisan pada bidang Cartesius. Dapatkah kamu menemukan proses pergerakan
lukisan dari posisi awal ke posisi akhir?
Anak-anak, jika perpindahan lukisan diilustrasikan dalam bidang Cartesius maka akan
terlihat seperti gambar di bawah ini. Yuk kita perhatikan gambar 3.
Anak-anakku,
untuk mempermudah kita memahami perpindahan lukisan yang terjadi, kita bisa
memisalkan lukisan tersebut sebagai persegi panjang ABCD dan hasil perpindahan
lukisan kita misalkan sebagai persegi panjang A’B’C’D’. Agar mudah memahami yuk
kita perhatikan gambar 4.
Anak-anakku,
jika kita perhatikan persegi panjang A’B’C’D’ merupakan bayangan dari persegi
panjang ABCD setelah ditranslasi. Dari hasil translasi tersebut diperoleh 𝐴𝐴′ = 𝐵𝐵′ = 𝐶𝐶′ = 𝐷𝐷′.
Pergeseran
1 :
Posisi awal
titik 𝐴 adalah 𝐴(-7, 1), kemudian bergerak ke kanan
sejauh 8 satuan dan ke atas sejauh 3 satuan sehingga posisi berubah di
koordinat 𝐴′(1, 4).
Hal ini berarti :
Pergeseran
2 :
Posisi awal titik 𝐵 adalah 𝐵(-2, 1), kemudian bergerak ke kanan
sejauh 8 satuan dan ke atas sejauh 3 satuan sehingga posisi berubah di
koordinat 𝐵′(6, 4).
Hal ini berarti :
Sumber
Thanks for reading Kegiatan Pembelajaran 1: Translasi (Pergeseran). Please share...!