A. Menentukan Persamaan Garis
a. Melewati titik (x1 − y1) dan mempunyai gradien m.
(y − y1) = m (x − x1)
Persamaan: ax + by = ab
B. Menentukan Daerah Penyelesaian
a. Bentuk ax + by = c
Untuk c ˃ 0 maka
dengan yang mengandung titik (0, 0) pasti daerah ≤.
Berdasarkan nilai a, b,
dan c maka kemungkinannya.
- a ˂ 0, b ˃ 0, dan c ˃ 0 → daerah "≥" adalah daerah I, II dan III, lainnyanya daerah "≤".
- a ˃ 0, b ˃ 0,
dan c ˃ 0 → daerah "≥" adalah daerah III,
IV dan V, lainnyanya daerah "≤".
- a ˃ 0, b ˂
0, dan c ˃ 0 → daerah "≥" adalah daerah
V, VI dan VII, lainnyanya daerah "≤".
- a ˂ 0, b ˂ 0,
dan c ˃ 0 → daerah "≥" adalah daerah VII, VIII dan IX,
lainnyanya daerah "≤".
Catatan:
Jika nilai c ˂ 0, maka harus diubah menjadi c ˃ 0 dengan cara dikalikan (−1).
b. Bentuk y = ax
a. a ˃
0
b. a ˂ 0
c. Pertidaksamaan untuk sumbu x dan
sumbu y.
C. Cara Mencari Nilai Optimum
a. Soal cerita
- Ubah soal ke bentuk matematika (cari kendala-kendala
dan fungsi objektif)
- Cari daerah penyelesaian
- Tentukan semua titik pojok
- Subtitusikan semua titik pojok ke fungsi objektif
b. Soal non cerita
- Cari daerah penyelesaian
- Tentukan semua titik pojok
- Subtitusikan semua titik pojok ke fungsi objektif.
Labels:
Matematika
Thanks for reading Program Linier. Please share...!