Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Situs gratis pertama yang direkomendasikan untuk membuat blog adalah Blogger.

Fungsi Logaritma

2. Fungsi Logaritma

Logaritma adalah invers dari perpangkatan atau eksponen. Oleh karena itu fungsi logaritma adalah invers dari fungsi eksponen. Fungsi logaritma didefinisikan sebagai berikut.

Fungsi logaritma dengan bilangan pokok a (a > 0 dan a ≠ 1) adalah fungsi yang mempunyai bentuk umum:

𝑦 = (π‘₯) = π‘Žlog π‘₯

Fungsi 𝑦 = (π‘₯) = π‘Žlog π‘₯ merupakan fungsi invers dari fungsi eksponen 𝑦 = (π‘₯) = π‘Žπ‘₯

Beberapa hal yang perlu diperhatikan pada fungsi logaritma 𝑦=(π‘₯)= π‘Žlogπ‘₯.

a.     a adalah bilangan pokok atau basis bagi fungsi 𝑓(π‘₯)= π‘Žlogπ‘₯ dengan ketentuan a > 0 dan a 1 (0 < a < 1 atau a > 0).

b.     Daerah asal (domain) fungsi 𝑓(π‘₯) = π‘Žlog π‘₯ adalah 𝐷𝑓 = {π‘₯ | π‘₯ > 0,π‘₯ ∈ 𝑹}

c.      Daerah hasil (range) fungsi 𝑓(π‘₯) = π‘Žlog π‘₯ adalah 𝑅𝑓 = {𝑦 | 𝑦 ∈ 𝑹}

Menggambar sketsa grafik fungsi logaritma dapat dilakukan dengan langkah-langkah berikut.

1.    Buat daftar atau tabel yang menunjukkan hubungan antara nilai-nilai x dengan nilai-nilai 𝑦 = (π‘₯) = π‘Žlog π‘₯.

2.    Titik-titik dengan koordinat (x, y) yang diperoleh digambarkan pada bidang kartesius, kemudian dihubungkan dengan kurva mulus, sehingga diperoleh grafik fungsi logaritma 𝑦 = (π‘₯) = π‘Žlog π‘₯.

Menggambar Grafik Fungsi Logaritma dengan Basis a > 1

Sifat-sifat fungsi logaritma 𝑓:π‘₯ π‘Žlog π‘₯ dengan basis a > 1 dapat dipelajari melalui grafik fungsi logaritma 𝑦 = (π‘₯) = π‘Žlog π‘₯.

Contoh

Gambar grafik fungsi y = f(x) = 2log x (x > 0 dan x R )

Alternatif Penyelesaian:

Tabel yang menunjukkan hubungan antara x dengan y = f(x) = 2 log x sebagai berikut.

Setiap titik (x, y) yang diperoleh pada tabel di atas digambar pada bidang kartesius, selanjutnya titik-titik tersebut dihubungkan dengan kurva mulus sehingga diperoleh grafik fungsi logaritma y = f(x) = 2log x berikut.

Berdasarkan grafik di atas, kita dapat mempelajari sifat-sifat fungsi logaritma y = f(x) = 2log x sebagai berikut.

a.    Jika nilai x bertambah besar maka nilai y = f(x) = 2log x juga menjadi besar, tetapi pertambahan nilai y lebih lambat dibandingkan dengan pertambahan nilai x.

b.    Fungsi logaritma y = f(x) = 2log x adalah fungsi monoton naik, sebab grafik ini naik dari kiri-bawah ke kanan-atas. Dalam bahasa logika matematika ditulis:

x2 > x1 2log x2 > 2log x1

c.     Grafik fungsi logaritma y = f(x) = 2log x memotong sumbu X di titik (1, 0).

d.    Grafik fungsi logaritma y = f(x) = 2log x selalu berada di sebelah kanan sumbu Y atau x > 0. Ini berarti grafik fungsi logaritma y = f(x) = 2 log x tidak pernah memotong sumbu Y. Sumbu Y bertindak sebagai asimtot tegak bagi fungsi logaritma y = f(x) = 2log x.

e.     Fungsi logaritma y = f(x) = 2log x terdefinisi untuk x > 0 dan x R, sehingga domain fungsi f adalah Df = {x | x > 0 dan x R}.

f.      Fungsi logaritma y = f(x) = 2log x dapat bernilai positif, nol, atau negatif, sehingga range fungsi f adalah Rf = {y | y R}.

g.     Fungsi logaritma y = f(x) = 2log x merupakan fungsi bijektif atau korespondensi satu-satu.


 

 Sumber Informasi

Labels: Matematika

Thanks for reading Fungsi Logaritma. Please share...!

Back To Top