Merasionalkan
Pada bagian ini Anda akan diajak mengenang masa lalu saat Anda belajar merasionalkan penyebut di SMP, jangan ditinggalkan yaa kenangan masa lalu nya (hehehe), karena secara konsep masih sama dan berlaku dalam penyelesaian limit fungsi di ketakhinggaan ini. Mengapa harus dengan merasionalkan?? Dari namanya juga merasionalkan, maka kita bertujuan agar fungsi irasional yang diberikan dalam limit tak hingga tersebut dapat berubah menjadi rasional sehingga memudahkan dalam pengerjaan soalnya. Okay Anda perhatikan.
Contoh
soal berikut:
Cara menyelesaikan soal
ini, kita akan mengalikan dengan bentuk sekawan dari fungsi tersebut yakni (ingat kembali
pelajaran merasionalkannya yaa...).
Alternatif
Penyelesaian:
Alternatif
Penyelesaian:
Alternatif
Penyelesaian:
Bagaimana
Anda setelah melihat ketiga contoh soal tersebut? Apakah merasa pusing? Hmmm...
tenang.. kita simak lagi yuk contohnya (Anda lihat soalnya lagi yaa.. ). Bentuk
soal nomor 1 dan 2 adalah . Perhatikan pangkat
tertingginya deh.
Untuk soal nomor 1 pangkat tertinggi ada di (𝑥) maka hasil limitnya sama dengan ∞. Soal kedua pangkat tertinggi ada di g(𝑥) maka hasilnya sama dengan −∞, sedangkan untuk soal nomor 3 baik 𝑓(𝑥) maupun g(𝑥) pangkat nya sama yaitu x2, dan hasilnya sama dengan −2.
Jadi... yuk
kita buat rumus umum untuk bentuk soal di atas secara singkat sebagai berikut:
Bentuk Umum 2
Berdasarkan
bentuk umum2 tentukan nilai limit di ketakhinggan berikut.
“Sumber Informasi”
Thanks for reading Merasionalkan. Please share...!